Kamis, 19 Mei 2011

Berwudhu

Assalaamu alaikum wa rahmatullaahi wa barkaatuhu.

Sahabatku simaklah sabda Rasulullah,"Apabila seorang hamba berwudhu saat berkumur-kumur, maka akan keluar dosa-dosa (kecil) dari mulutnya. Apabila menghirup dan menghembuskan angin dari hidungnya, keluarlah dosa-dosa (kecil) dari hidungnya. Apabila membasuh wajah, keluarlah dosa-dosa (kecil) dari wajahnya hingga keluar dari kelopak matanya. Apabila membasuh kedua tangan, keluarlah dosa-dosa (kecil) dari kedua tangannya hingga dari kukunya. Apabila mengusap kepalanya, maka keluarlah dosa-dosa (kecil) dari kepalanya hingga keluar dari kedua telinganya. Dan apabila membasuh kedua kaki, keluarlah dosa-dosa (kecil) dari kakinya hingga dari kukunya..." (HR. Malik, An-Nasai, Ibnu Majah dan Hakim). 

Rasulullah,"Ketika seorang mu'min berwudhu dengan sungguh-sungguh, lalu membasuh wajahnya, keluarlah dari wajahnya dosa-dosa kedua mata, bersamaan tetesan air terakhir. Ketika membasuh kedua tangannya, jatuhlah dosa-dosa dari kedua tangannya bersamaan tetesan air terakhir. Ketika membasuh ke dua kakinya, bersihlah dosa-dosa dari kedua kakinya, bersamaan tetesan air terakhir". (HR Muslim, Malik, Tirmidzi) 

SubhanAllah, ternyata hal sederhana yang selalu kita lakukan sangat besar hikmahnya sahabatku...apalagi mereka yang "dawaamul wudhu" selalu menjaga wudhu, Allahu akbar energi positif memancar, wajahpun bersih fresh berwibawa, dan itu karekteristik hamba yang beriman hobbynya bersuci, kecintaan para Malaikat kepadanya dan siap menghadapi kematian jika datang tiba-tiba. Inilah diantara alasan mengapa selalu abang ingatkan untuk selalu menjaga wudhu. 

"Semoga Allah jadikan kita hamba Allah yang selalu senang menjaga kesucian diri dengan selalu berwudhu hingga akhir hayat kita...aamiin". 

K.H. Muhammad Arifin Ilham
16 Mei 2011

Diperbarui 14 Juli 2012
Diperbarui 16 September 2014

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Jaga Iman dan Akhlak

 Sahabatku iman yang paling baik adalah akhlak Dari sabda Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam, أَكْمَلُ المُؤْمِنِينَ إِيمَانًا أَحْسَنُهُمْ ...