Jumat, 09 Desember 2011

Baca, Fahami, Amalkan & Ajarkan al-Qur'an



Assalaamu alaikum wa rahmatullaahi wa barkaatuhu.

Sahabatku senang mana membaca Alqur'an dengan membaca koran?

Kalau kita membaca novel, romans, atau ceritera picisan, kita semangat menuntaskan satu hari sampai seminggu, lalu bagaimana dengan mengkhatam Alqur'an, berapa lama kita bisa mengkhatamkannya?

Begitu lama kita nongkrong di depan televisi atau asyik dengan FB, lalu apakah selama itu kita mau duduk di majlis Alqur'an?

Mengapa selain Alqur'an lebih senang, semangat, dan kuat berlama-lama?

Inilah yang membuat Rasulullah sedih mengadu kepada ALLAH,
"Ya Rabbku, sesungguhnya kaumku telah menjadikan al-Qur'an ini sesuatu yang tidak diacuhkan", (QS. Al Furqon : 30).
Padahal sahabatku, kemuliaan dan kehinaan seseorang itu tergantung sifat sikapnya kepada Alqur'an, dengarkan sabda Rasulullah,“Sesungguhnya ALLAH memuliakan derazat suatu kaum, karena kaum itu memuliakan Alqur'an dan ALLAH merendahkan suatu kaum, karena mereka tidak memperdulikan Al Qur’an.” (HR. Muslim). 

SubhanAllah, sahabat FBku, berjanjilah kalian untuk tidak membiarkan hari berlalu kecuali kalian sudah membaca Alqur'an dengan penghayatan untuk mengamalkannya. Hidup kita hanya sebentar sahabatku. Sungguh Alqur'an adalah petunjuk jalan keselamatan dunia, penerang cahaya kubur, dan syafaat penolong kita di akhirat kelak. Abang berazam sampai akhir hayat, semoga Allah jaga niat azam abang membaca Alqur'an waktu sahur menjelang subuh ke mesjid setiap hari.

SubhanAllah, bulan Romadhon bulan Alqur'an, ayoo sahabatku keluargaku kita baca, pelajari, hayati, amalkan dan da'wahkan mu'zijat yang mulia ini. Sebesar itu kita perhatikan Alqur'an, sebesar itulah perhatian Allah kepada kita.

So mulailah baca Alqur'an, fahami dengan baik dan benar, amalkan dengan sungguh-sungguh dan ajarkan, DO THE BEST YOU FIND THE BEST!

Foto saat subuh di mesjid Az Zikra, masuk Islam Mr Paul dari Norwegia, abang kasih nama Islam Muhammad Fauzan. Masuk Islam setelah terkagum-kagum dengan Alqur'an. 

"Allahumma ya Allah rahmatilah kami dengan al Quran. Jadikan ia imam kami, cahaya, petunjuk dan rahmat bagi kami. Ya Allah ingatkanlah kami apa yang kami lupa dan ajarkan bagi kami apa yang kami jahil. Karuniakanlah kepada kami untuk dapat membacanya sepanjang malam Ya Allah dan sepanjang siangnya. Jadikanlah ia perisai kami. Wahai Tuhan sekelian alam aamiin aamiin aamiin".


K. H. Muhammad Arifin Ilham
22 November 2011


Diperbarui 19 Agustus 2014
Diperbarui 7 Juni 2016

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Jaga Iman dan Akhlak

 Sahabatku iman yang paling baik adalah akhlak Dari sabda Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam, أَكْمَلُ المُؤْمِنِينَ إِيمَانًا أَحْسَنُهُمْ ...