Senin, 06 Februari 2012

Pahala Adzan Dan Shof Terdepan

Assalaamu alaikum wa rahmatullah wa barkaatuhu. 

SubhanAllah walhamdulillah apa khabar para sahabatku tercinta? 

Semoga kita, keluarga kita dan para sahabat kita semua selalu dan selalu dalam berkah Allah...aamiin.

Abang menulis hikmah ini karena banyak sekali kaum muslimiin lambat, malas, kurang semangat berjamaah di mesjid terutama untuk menghadiri sholat jum'at. Padahal Rasulullah mengingatkan ada sahabat yang sengaja datang terakhir berjamaah di mesjid, “Tidaklah suatu kaum mengakhirkan (yaitu menuju masjid) hingga Allah akan mengakhirkan (kebaikan) mereka” demikian yang disampaikan Abu Sa’id Al Khudri rhodiyAllah anhu.

Inilah Berita Gembira dari Rasulullah keutamaan shof terdepan dalam berjamaah di mesjid :

1. “Seandainya manusia mengetahui apa yang ada (yaitu keutamaan) di dalam seruan (adzan) dan shaf pertama, lalu mereka tidak bisa mendapatkan shaf tersebut kecuali dengan undian, sungguh mereka akan melakukan undian untuk mendapatkannya.” (HR Bukhari ).

2. “Sesungguhnya Allah dan para malaikat-Nya bershalawat kepada orang-orang di shaf awal, dan muadzin itu akan diampuni dosanya sepanjang radius suaranya, dan dia akan dibenarkan oleh segala sesuatu yang mendengarkannya, baik benda basah maupun benda kering, dan dia akan mendapatkan pahala seperti pahala orang-orang yang shalat bersamanya.” (HR Ahmad dan An Nasa’i).

3. “Hadirilah khutbah jum’at dan mendekatlah kepada imam. Karena seorang yang selalu jauh dari imam, menyebabkan ia terbelakang dalam memasuki surga, andai ia memasukinya kelak.” (HR Abu Daud, Al Hakim dan Ahmad).

4. “Seandainya kalian atau mereka mengetahui keutamaan yang terdapat pada shaf yang terdepan, niscaya itu sudah jadi bahan undian untuk merebutnya.” (HR Muslim).

5. "Sesungguhnya ALLAH dan Para MalaikatNYA memuliakan jamaah sholat pada shof terdepan." (HR Ahmad, Abu Daud dan Ibnu Majah). 

6. "Sesungguhnya Para Malaikat datang pada Hari Jum'at, lalu duduk di pintu-pintu mesjid untuk mencatat hamba ALLAH yang datang pertama, kedua dan ketiga. Nilainya pahalanya berdasar urutan mereka datang sampai imam keluar. Ketika imam keluar Para Malaikatpun meninggalkan mesjid dengan membawa catatan amal." (HR Ahmad).

7. "Sungguh manusia datang duduk di hadapan ALLAH di akhirat kelak berdasarkan urutan kedatangan mereka untuk sholat jum'at." (HR Ibnu Majah).

8. "Seandainya manusia mengetahui keutamaan besar pahalanya adzan dan sholat berjamaah di shof terdepan, niscaya mereka akan mengundinya. Seandainya mereka mengetahui keutamaan besar pahalanya mengikuti takbir imam yang pertama, niscaya mereka berlomba. Seandainya mereka mengetahui keutamaan besar pahalanya sholat berjamaah isya dan subuh di mesjid, pasti mereka akan melaksanakan "law habwan" walau dengan MERANGKAK" (HR Muttafaqun alaihi).

MasyaAllah inilah yang membuat hamba-hamba Allah yang beriman kepada Allah dan RasulNya berlomba-lomba untuk segera datang lebih awal untuk meraih shof terdepan dalam berjamaah, simaklah Kalam Allah ini, 
“Berlomba-lombalah kamu kepada ampunan dari Tuhanmu dan surga yang luasnya seluas langit dan bumi, yang disediakan bagi orang-orang yang beriman kepada Allah dan Rasul-Rasul-Nya. Itulah karunia Allah, diberikan-Nya kepada siapa yang dikehendaki-Nya. Dan Allah mempunyai karunia yang besar.” (QS Al Hadiid 21).
MasyaAllah sungguh rahmat Allah dan karuniaNya sangat besar bagi mereka yang senang, semangat dan istiqomah berjamaah di mesjid untuk meraih shof terdepan.

Nah alasan apalagi untuk selalu terlambat, ayo raih kemuliaan ini sahabatku fillah, ayoooo...

Ayoo sahabatku pria mu'min kita berlomba-lomba...

Allahumma ya Allah tanamkan dihati kami kekuatan iman, kesenangan ibadah dan kemuliaan akhlak...aamiin. 

Mohon share ini sahabatku, maka kalian pun masuk dalam bagian wasilah penyebar kebaikan mulia ini...insyaAllah, aamiin.

K. H. Muhammad Arifin Ilham
20 Januari 2012

Diperbaharui 16 Oktober 2014
Diperbaharui 25 Maret 2016

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Jaga Iman dan Akhlak

 Sahabatku iman yang paling baik adalah akhlak Dari sabda Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam, أَكْمَلُ المُؤْمِنِينَ إِيمَانًا أَحْسَنُهُمْ ...