Rabu, 21 Oktober 2015

Rahasia Keistimewaan ISTIQOMAH

Assalaamu alaikum wa rahmatullaahi wa barkaatuhu.

MasyaAllah sahabatku, abang sangat semangat menyampaikan rahasia keistimewaan ISTIQOMAH ini. Sungguh kita belum wafat, belum di akhirat, di dunia lebih dahulu dibahagiakan Allah karena sifat sikap istiqomah ini. Inilah diantara hikmahnya :


1. Perintah Allah dan RasulNya, 
"Dan beribadahlah kepada Allah sampai ajal tiba" (QS Al Hijr 99). 
Dari Abu Amr atau Abu Amrah ra, Sufyan bin Abdullah Atsaqafi ra berkata, "Aku berkata Wahai Rasulullah, katakanlah kepadaku dalam Islam satu perkataan yang aku tidak akan menanyakannya kepada seorangpun selain padamu. Rasulullah menjawab, “Katakanlah saya beriman kemudian istiqomahlah” (HR Muslim).

2. Sunnah utama Rasulullah, 
"Sungguh pada diri Rasulullah adalah teladan terbaik bagi kalian" (QS Al Ahzab 21). 
Rasulullah bersabda, ”Wahai sekalian manusia, lakukanlah amalan sesuai dengan kemampuan kalian. Karena Allah tidaklah bosan sampai kalian merasa bosan. (Ketahuilah bahwa) amalan yang paling dicintai oleh Allah adalah amalan yang kontinu (ajeg) walaupun sedikit" (HR Muslim).

3. Allah akan perbaiki keadaannya, 
"Dan mereka yang beriman atas apa yang Allah turunkan kepada Nabi Muhammad dan itu haq dari Allah, maka Allah maafkan kesalahan mereka dan Allah perbaiki keadaan mereka" (QS Muhammad 2).
4. Pahala yang tidak terputus, 
"Kecuali bagi mereka yang beriman dan beramal sholeh untuk mereka ganjaran yang tidak terputus (QS At Tiin 6). 
Rasulullah bersabda, “Jika seseorang sakit atau melakukan safar, maka dia akan dicatat melakukan amalan sebagaimana amalan rutin yang dia lakukan ketika mukim (tidak bepergian) dan dalam keadaan sehat" (HR Bukhori).

5. Dikagumi para Malaikat sebagaimana para Malaikat istiqomah,

6. Ditolong ALLAH dunia akhiratnya,

7. Dipenuhi kebutuhannya,

8. Doanya diijabah dan

9. Masuk ke Syurga Allah,
"Sesungguhnya orang-orang yang mengatakan: Tuhan kami ialah Allah” kemudian mereka meneguhkan pendirian mereka, maka malaikat akan turun kepada mereka (dengan mengatakan): “Janganlah kamu merasa takut dan janganlah kamu merasa sedih; dan bergembiralah kamu dengan Syurga ygan telah dijanjikan Allah kepadamu. Kami lah Pelindung-pelindungmu dalam kehidupan dunia dan di akhirat; di dalamnya kamu memperoleh apa yang kamu inginkan dan memperoleh (pula) di dalamnya apa yang kamu minta sebagai hidangan (bagimu) dari Tuhan Yang Maha Pengampun lagi Maha Penyayang" (QS Fashilat 30-32).
10. Dalam hidayah ALLAH karena mujahadahnya, dan

11. Selalu bersama Allah, 
"Mereka yang sungguh-sungguh istiqomah mendekatkan diri kepada Allah maka Allah tunjukan jalan hidayahNya, dan sesungguhnya Allah benar-benar bersama para hambaNya yang selalu berbuat baik" (QS Al Ankabut 69).
12. Meraih rahmat Allah, 
“Sesungguhnya rahmat Allah amat dekat kepada orang-orang yang selalu berbuat baik.” (QS Al A’raf 56).

13. Saat susah akan ditolong Allah, Rasulullah bersabda, “Kenalilah Allah di waktu lapang, niscaya Allah akan mengenalimu ketika susah” (HR Al Hakim).

14. Sungguh istiqomah itu adalah amalan hamba Allah yang sangat faham dunia ini sebentar sehingga disibukkan dirinya dengan beramal ibadah sesuai dengan visi misi hidup Islami, dan tidak ada lagi perbuatan sia-sia mubazir apalag ma'siyat, 
"Orang-orang beriman itu meninggalkan perkataan perbuatan yang tidak berguna" (QS Al Mu'minun 3). 
Rasulullah bersabda, “Di antara tanda kebaikan Islam seseorang adalah meninggalkan perkara-perkara yang tidak bermanfaat baginya” (HR At-Tirmidzî).

Allahumma ya Allah tancapkan di hati kami kekuatan taqwa dan keni'matan ISTIQOMAH...aamiin.

Jangan lupa sahabatku, sebelum rehat malam ini berwudhu, berdoa, berzikir sampai tertidur dan berazam untuk sholat malam.

K. H. Muhammad Arifin Ilham 

20 Oktober 2015


Diperbarui 20 Maret 2016

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Jaga Iman dan Akhlak

 Sahabatku iman yang paling baik adalah akhlak Dari sabda Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam, أَكْمَلُ المُؤْمِنِينَ إِيمَانًا أَحْسَنُهُمْ ...