Rabu, 07 Oktober 2015

Rohima

Assalaamu alaikum wa rahmatullaahi wa barkaatuhu.

Rahmah dalam Alqur'an ada 145 kali, dari asal kata "rohima" kasih sayang. ALLAH punya sifat Rahman Rahim sebagai Maha Pengasih Penyayang karena itulah sebesar apapun dosa hamba yang bertaubat ALLAH ampuni (QS Az Zumar 53), karena rahmatNya lebih utama, lebih besar dari marahNya (QS Al Ghofir 7).

ALLAH pun mengutus Rasulullah sebagai Rahmatan lilaalamiin (QS Al Anbiya 107). Kitapun berasal dari ruangan rahim ibu kita tersayang... "min buthuuni umahaatikum" karena itulah kasih sayang ibu luar biasa (QS An Nahl 78).

Dan menjadi Sunnah utama segala amal ibadah dimulai dengan Basmallah sebagai Alqur'an dimulai dengan Basmalah, "Dengan menyebut nama ALLAH yang Maha Pengasih lagi Maha Penyayang".

Rasulullah bersabda, "Setiap perkara penting yang tidak dimulai dengan bismillah maka terputuslah dari keberkahanNya" (HR Ibnu Sholah).

Dan karekteristik orang beriman setelah tenggelam dalam keni'matan ibadah adalah "Arro'fu" yaitu belas kasih dan kedermawanan. “Barang siapa tidak mengasihi dan menyayangi manusia maka dia tidak dikasihi dan tidak disayangi ALLAH" (HR Al Bukhari).

"Bukan umatku, orang yang tidak menghormati lebih tua dari kami, tidak menyayangi lebih muda dari kami dan tidak mengenal (hak) orang yang berilmu dari kami” (HR Ahmad).

Allahumma ya ALLAH hiasilah hidup kami dengan sifat kasih sayang...aamiin.

Jangan lupa sebelum rehat malam ini berwudhu, berdoa, berzikir dan berazam sholat malam. Selamat rehat sahabat sholehku...

K. H. Muhammad Arifin Ilham 
6 Oktober 2015

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Jaga Iman dan Akhlak

 Sahabatku iman yang paling baik adalah akhlak Dari sabda Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam, أَكْمَلُ المُؤْمِنِينَ إِيمَانًا أَحْسَنُهُمْ ...