Senin, 23 Mei 2016

Teman Sejati Di Alam Kubur

Assalaamu alaikum wa rahmatullah wa barkaatuhu.


Simaklah Kalam Allah ini dengan iman, 
"...Di hari di mana harta dan anak-anak tidak berguna. kecuali orang-orang yang menghadap Allah dengan hati yang bersih”. (QS Al-Asyu’ara 88-89).

Rasulullah bersabda, "Mayit itu diikuti oleh tiga golongan. Akan kembali dua golongan dan satu golongan akan tetap menemaninya. Dia akan diikuti oleh keluarganya, hartanya dan amalnya. Maka keluarga dan hartanya akan kembali pulang sementara amalnya akan tetap menemaninya ” (HR Bukhori Muslim)


Imam Syafi’i ~ rahimahullah menyampaikan,
“Sesungguhnya saya memperhatikan anak Adam, setiap mereka itu dicintai, mereka terikat oleh cinta orang yang mencintainya, dan sebagian orang yang dicintainya itu ditemani oleh kekasihnya sampai kepada masa sakit diambang kematiannya. Sebagian lagi ditemani oleh sang kekasih sampai ke pintu kubur, kemudian semuanya kembali dan meninggalkannya sendirian.
Tidak seorang pun yang mendampinginya di alam kubur. Maka aku pun berfikir dan berkata “sebaik-baik orang yang dicintai seseorang adalah yang ikut menemaninya ke dalam kubur, mendampingi serta memberi manfaat kepadanya di alam kubur.
Maka tidak satupun yang bisa melakukan itu selain amal sholeh, maka akhirnya aku menjadikan amal Sholeh sebagai kekasih sejatiku, supaya nanti dia menjadi penerang di kubur saya kelak, mendampingi serta tidak meninggalkan saya sendirian”.



SubhanAllah karena itu jadilah :
sholat malam kita, 
istigfar sholawat kita, 
tadabburul Qur'an kita, 
berjamaah di mesjid kita, 
sholat dhuha kita, 
jaga wudhu kita, 
sedekah kita, 
sahabat sholeh kita, 
ulama kita, 
Majlis zikir kita,
cinta kasih sayang keluarga kita, 
bhakti orang tua kita, 
muhasabah diri kita dan 
semangat menghidupkan sunnah nabi kita 
menjadi TEMAN SEJATI KITA DI DUNIA, insyaAllah semua amal ibadah itu akan menjadi teman setia kita di Alam Kubur sampai Hari Akhirat...aamiin.


Jangan lupa sebelum rehat malam ini berwudhu lebih dahulu, berdoa, berzikir dan berazam sholat malam.


K. H. Muhammad Arifin Ilham 
22 Mei 2016

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Jaga Iman dan Akhlak

 Sahabatku iman yang paling baik adalah akhlak Dari sabda Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam, أَكْمَلُ المُؤْمِنِينَ إِيمَانًا أَحْسَنُهُمْ ...