Jumat, 17 April 2015

Nasehat Sampai 7x

Assalaamu alaikum wa rahmatullahi wa barkaatuhu. 

Dulu waktu abang di pesantren, ayahanda KH Mahrus Amin selalu mengulang-ngulang nasehat beliau. Dalam setiap pertemuan bahkan dalam pertemuan itu nasehat yang sama bisa sampai tujuh kali beliau mengulangi. "Sebesar kesadaranmu sebesar itulah keuntunganmu, semakin cepat sadar maka semakin banyak keuntungan yang kalian raih", inilah nasehat yang berulang-ulang itu yang akhirnya masuk ke hati kami para santri beliau. Boleh jadi batu pecah bukan karena pukulan ke seratus kalinya, tetapi karena banyak dipukul, maka setiap pukulan andil memecahkan keras batu itu. Demikianlah nasehat yang disampaikan berulang-ulang.
”Dan tetaplah memberi peringatan karena peringatan itu bermanfaat bagi orang-orang yang beriman" (QS Adz Dzaariat 55).
Rasulullah mencontohkan pada para sahabat beliau dengan nasehat yang berulang-ulang agar para sahabat ingat dan senang mengamalkannya. Dari Abu Umamah, ia berkata : Seandainya aku tidak mendengar dari Rasulullah Salallahu ‘alaihi wa Sallam sampai tujuh kali, maka aku tidak menyampaikan sabda beliau : “Idza tawadhdha-ar rajulun kamaa amara dzahabal itsmu min sam’ihi wa basharihi wa yadaihi wa rijlaihi” Barang siapa berwudhu sebagaimana yang diperintahkan, niscaya akan gugur dosanya dari pendengarannya, penglihatannya, dua tangannya dan dua kakinya'. (HR Imam ath Thabrani). 

So karena itulah abang tidak akan bosan-bosan mengulang-ngulang oase hikmah nasehat peringatan untuk diri abang dan untuk kalian sahabatku tercinta agar kita "ngeh" sadar, insyap, lalu senang semangat mengamalkannya. Diantara yang selalu abang ulang adalah "Sahabatku, jangan lupa sebelum rehat malam ini berwudhu lebih dahulu, berdoa, berzikir sampai tertidur dan berazam untuk sholat malam". 

Sungguh hidup ini hanya bahagia bila kita hidup dengan Sunnah Rasulullah...insyaAllah, aamiin.

K. H. Muhammad Arifin Ilham
16 April 2015

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Jaga Iman dan Akhlak

 Sahabatku iman yang paling baik adalah akhlak Dari sabda Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam, أَكْمَلُ المُؤْمِنِينَ إِيمَانًا أَحْسَنُهُمْ ...