Rabu, 19 Agustus 2015

Pilih Kurban Sapi Tujuh Orang atau Satu Kambing Sendiri?

    Pertanyaan,
      Ustadz...Umumnya di tempat kami lebih menyukai urunan atau patungan sapi daripada kurban kambing (perorangan). Mana yang lebih afdhal, ikut urunan sapi atau kurban sendiri dengan satu kambing? 
        Jazaakumullah khoiran
          Jawaban,
            Wass. Sebagian ulama menjelaskan, kurban satu kambing lebih baik daripada ikut urunan sapi atau unta, karena tujuh kambing manfaatnya lebih banyak daripada seekor sapi. (Shahih Fiqh Sunnah, 2:375, Fatwa Lajnah Daimah no. 1149 dan Syarhul Mumthi’ 7:458).
              Imam As-Saerazi Asy-Syafi’i mengatakan, “Kambing (sendirian) lebih baik daripada urunan sapi tujuh orang. Karena orang yang berkurban bisa menumpahkan darah (menyembelih) sendirian.” (Al Muhadzab 1:74).
                Diantara alasan lain yang menunjukkan lebih utama kurban sendiri dengan seekor kambing adalah: Kurban yang dilakukan Nabi Muhammad SAW adalah utuh satu ekor, baik kambing, sapi, maupun unta, bukan 1/7 sapi atau 1/10 unta (urunan dengan sahabat).
                  So, siapa yang berkurban untuk dirinya dan anggota keluarganya maka yang paling utama adalah berkurban dengan satu ekor unta, baru dengan satu ekor sapi, kemudian kambing. Bukan ikut patungan unta atau sapi bertujuh.
                    Jika pertanyaan seperti di atas, maka berkurban dengan domba atau kambing itu lebih utama.
                      Wallahu A’lam
                        Ustadz Fauzi Ichsan

                        Tidak ada komentar:

                        Posting Komentar

                        Jaga Iman dan Akhlak

                         Sahabatku iman yang paling baik adalah akhlak Dari sabda Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam, أَكْمَلُ المُؤْمِنِينَ إِيمَانًا أَحْسَنُهُمْ ...