Kamis, 26 November 2015

Syiar Itu Apa Sich?

Ada yang tanya ke Ustadz, Syiar itu apa sich?

Jawab Ustadz,
Syiar adalah tindakan/upaya menyampaikan dan memperkenalkan berbagai hal dalam islam melalui keteladanan. Syiar dari kata syu'ur yang bermakna rasa. Syiar dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia terdiri 2 kata Syi & Ar, Artinya kemulian/kebesaran. Syiar diartikan menyampaikan kabar berita kepada orang-orang yang tadinya tidak tahu menjadi tahu.

Syiar bisa juga memberi peringatan. Seperti dalam QS. Al Dzariyat 55 "Dan tetaplah memberi peringatan, karena sesungguhnya peringatan itu bermanfaat bagi orang-orang yang beriman".

Syiar itu manifestasi bentuk rasa takwa, seperti dalam firman-Nya: "Demikianlah (perintah Allah) barang siapa mengagungkan syiar-syiar Allah, maka sesungguhnya itu timbul dari ketakwaan hati"(QS Al Hajj [22]:32)

Semoga pemahaman kita tentang syiar selalu terjaga, sehingga kita bisa bersyiar dengan hati, karena bersyiar bukan memprospek.

Ustadz Fauzi Ichsan
24 November 2015

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Jaga Iman dan Akhlak

 Sahabatku iman yang paling baik adalah akhlak Dari sabda Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam, أَكْمَلُ المُؤْمِنِينَ إِيمَانًا أَحْسَنُهُمْ ...