Jumat, 08 April 2016

Jangan Mudah Terkena Fitnah

Suplemen Pagi

Assalamualaikum Saudaraku,

Kadang dalam sebuah hubungan pertemanan ataupun persaudaraan tiba-tiba terjadi perseteruan. Setelah diusut, biangnya adalah salah dalam menerima dan menyampaikan sebuah berita.
Allah SWT telah berfirman "Hai orang-orang yg beriman, jika datang kepadamu orang fasik membawa suatu berita, maka periksalah (kebenarannya) dengan teliti, agar kamu tidak menimpakan suatu musibah kepada suatu kaum tanpa mengetahui keadaannya yang menyebabkan kamu menyesal atas perbuatanmu itu” (Al-Hujurat 6)
Ayat ini mengandung sebuah pelajaran yang penting agar kita tidak mudah terpancing, atau mudah menerima begitu saja berita yang tidak jelas sumbernya, isu murahan atau berita yang menebar fitnah.

Oleh sebab itu, hendaknya kita lebih cerdas dan bijaksana dalam menerima maupun menyampaikan sebuah berita. Agar hati dan pikiran lebih tenang, damai, bersih dari segala prasangka buruk yang dapat merendahkan martabat kita di mata Allah SWT.

Rasulullah SAW bersabda “Cukuplah seseorang itu dikatakan sebagai pendusta, kalau dia menceritakan semua yang dia dengar” (HR. Muslim, Abu Dawud).

Wassalamualaikum

Ustadz Dave Ariant Yusuf
7 April 2016

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Jaga Iman dan Akhlak

 Sahabatku iman yang paling baik adalah akhlak Dari sabda Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam, أَكْمَلُ المُؤْمِنِينَ إِيمَانًا أَحْسَنُهُمْ ...