Rabu, 20 November 2013

Puasa Tasu'a Dan 'Asyuro

Assalaamu alaikum wa rahmatullaahi wa barkaatuhu.

Sahabat sholehku, kembali besok rabu dan kamis kita digembirakan Allah dan RasulNya dengan puasa Tasu'a dan 'Asyuro, berpuasa 9 dan 10 Muharram.

Dari Ibnu Abbas berkata, "Rasulullah tiba di Madinah, maka beliau melihat orang-orang Yahudi berpuasa hari 'Asyura. Beliau bertanya kepada mereka, "Ada apa ini? ". Mereka menjawab, "Ini adalah hari yang baik. Pada hari ini Allah menyelamatkan Bani Israil dari musuh mereka. Maka Nabi Musa berpuasa pada hari ini. Rasulullah bersabda, "Saya lebih layak dengan nabi Musa dibandingkan kalian". Maka beliau berpuasa 'Asyura dan memerintahkan para sahabat untuk berpuasa 'Asyura" (HR Bukhari & Muslim).

Puasa ini sebagai tanpa syukur atas selamatnya nabi Musa, nabi Harun dan kaumnya yang selamat dari kezholiman Fir'aun dan pengikutnya, bangga bahagia sebagai umat nabi Muhammad, dan tentu sangat bersyukur kepada Allah yang memberi hadiah ampunan dosa setahun yang lalu, "Rasulullah ditanya tentang puasa hari 'Asyura, maka beliau bersabda, "Ia dapat menghapuskan dosa-dosa kecil setahun yang lalu" (HR Muslim).

Dan afdholnya di mulai 9 Muharram atau berpuasa tasu'a, Dari Abdullah bin Abbas berkata: “Ketika Rasulullah melakukan puasa ‘Asyura dan memerintahkan para sahabat untuk berpuasa ‘Asyura, maka para sahabat berkata: “Wahai Rasulullah, ia adalah hari yang diagungkan oleh kaum Yahudi dan Nasrani”. Maka beliau bersabda, “Jika begitu, pada tahun mendatang kita juga akan berpuasa pada hari ke sembilan, insya Allah". Ternyata tahun berikutnya belum datang, Rasulullah telah wafat” (HR. Muslim).

"Allahumma ya Allah terimalah amal ibadah kami, maafkan kesalahan kami dan ampunilah seluruh dosa-dosa kami...aamiin".

Sebarkan ini sahabat sholehku agar semakin banyak sahabat kita yang faham Agama Allah yang mulia ini dan menghidupkan sunnah RasulNya...aamiin.

K. H. Muhammad Arifin Ilham
12 November 2013

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Jaga Iman dan Akhlak

 Sahabatku iman yang paling baik adalah akhlak Dari sabda Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam, أَكْمَلُ المُؤْمِنِينَ إِيمَانًا أَحْسَنُهُمْ ...