Sabtu, 23 November 2013

Ridho Allah

Sedekah bikin kaya?
Ga usah malu-malu. Jawab aja, iya. Makanya, jangan korupsi, jangan nipu, jangan ngambil hak orang.
Sedekah ngarep kaya?
Ga juga. Sedekah itu ngarep ridho Allah. Tapi karena boleh doa, dan disuruh doa, ya qt minta kaya. Tapi ga dikasih juga ga apa-apa. Ga maksa Allah.
Klo Allah udah Ridho, apa-apa yang qt lakuin, berhasil. Itu e litel sikretnya. Sedekah ngedatengin Ridho Allah. Di urusan apa aja.

Klo dah begitu, judulnya bukan hanya sedekah. Ya apa aja yang bisa bikin Allah ridho, kudu ditempuh, kudu dijalanin. Yang janjiin balesan, yakni Allah, ga sewot ngeliat, ngedenger, orang sedekah lalu minta rizki. Yang sewot, kita-kita yang denger, he he.
Kalo ada orang yang udah melarang seorang hamba minta sama Allah, itu barangkali udah bukan orang. Tapi syetan. Minta, ga ada larangan-Nya. Kasian justru mereka yang mau dunia, tapi malah dijauhi dari Pemilik Dunia. Sedangkan dia juga sama-sama tinggal di dunia. Mau minta sama sapa?

Ya Allah, minta motor boleh ya? Boleh. Ga kudu sedekah sepeda.
Yaa Allah, minta mobil... Boleh. Ga kudu dulu sedekah motor.
Yaa Allah, perlu 10 juta nih... Boleh. Ga kudu sedekah dulu 1 juta.
Yaa Allah, butuh 100 juta... Boleh. Ga kudu sedekah 10 juta dulu.
Ya Allah... Minta duit 1 M... He he he, bininye sewot. Bang, minta buat bayar kontrakan aja dulu... Kebanyakan juga. Bingung ntarannya.

Minta 1M, boleh. Ga kudu juga sedekah dulu 100 juta. Namanya juga minta. Tinggal, pantes apa engga? Pantes ga minta segitu? Buat apa? Penting?
Tapi segitunya ga ada "visi misi", ga ada proposal yang jelas, ga ada juga sedekahnya, Allah itu Maha Mengabulkan. Nah, bagaimana yang ada?

Kalo sebelum sedekah sepeda, boleh minta motor, lalu setelah sedekah sepeda, malah ga boleh minta motor, ya mending ga usah sedekah sepeda.
Kalo sebelum sedekah motor, boleh minta mobil, lalu setelah sedekah motor, malah ga boleh minta mobil, ya ga usah sedekah motor. Sebab sedekah koq ya malah ngalangin meminta?
Sedekah itu bukan ga boleh meminta. Sebab tanpa sedekah juga boleh meminta. Sedekah justru bakal bikin permintaan lebih dikabulkan lagi.

Kalo minta 1 M, pengen mergiin haji emak, bapak, sekeluarga, + guru alif-alifan dan guru abcd, saya kira bukan hanya pantes. Tapi wajib.
Kalo minta 10 M, untuk bikin 10 rumah sakit, 10 masjid, 10 pesantren, 10 ambulans, 10 mobil jenazah, saya kira, minta 100 M aja. Tambah banyak.
Kalo minta 10 juta sama Allah, buat beli henpon Ipul sama Samsul, tapi terus buat tengil, buat sombong, ini yang kudu dikoreksi.
Nah, kalo minta 100 juta sama Allah, buat beli-beliin Henpon Ipul, Samsung, Ipah, yang seken, malah keren. Namanya buat modal jual beli henpon.

Dah. Sama Allah mah jangan malu-malu. Yang penting, jangan becanda. Permintaannya kudu bener.

Ustadz Yusuf Mansur
15 November 2013

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Jaga Iman dan Akhlak

 Sahabatku iman yang paling baik adalah akhlak Dari sabda Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam, أَكْمَلُ المُؤْمِنِينَ إِيمَانًا أَحْسَنُهُمْ ...