Selasa, 24 Maret 2015

Ad Diinu An Nashihah

SubhanAllah walhamdulillah sahabat sholehku, apa khabar? Semoga kalian senin pagi ini dalam berkah Allah selalu...aamiin. Sekarang abang di ruang tunggu pemberangkatan menuju Tulang Bawang Lampung. Mohon pamit dan doa kalian duhai sahabat sholehku. 

Rasulullah bersabda, "Ad Diinu an nashihah" agama itu nasehat. Karena itulah abang senang dinasehati dan senang pula menyampaikan nasehat, saling menasehati dalam kebenaran, dalam kesabaran dan dalam berkasih sayang. Abang sempatkan menulis renungan sebelum berangkat, semoga bermanfaat.

Ketahuilah sahabatku, bahwa hamba Allah yang selalu berzikir itu sangat senang beribadah, senang sholat di awal waktu, berjamaah, di mesjid, senang sholat tahajjud, sholat dhuha, jaga wudhu dst.

Kalau senang ibadah maka akhlaknyapun menjadi mulia, ikhlas, sabar, syukur, waro' (sangat taat dan berhati hati dengan Syariat Allah), zuhud (cari dunia untuk akhirat), dst.


Kalau senang ibadah maka iapun semangat beramal sholeh, berikhtiar mencari rizki yang halal, dermawan, shilaturahm dst.

Kalau senang ibadah maka iapun senang berda'wah mengajak saudaranya untuk selalu taat dan selalu mengingatkan dahsyatnya suasana akhirat.

Kalau senang ibadah maka iapun berani berjihad. Hatinya terpaut bersama para mujahidin dalam harakah Syariat Allah. Karena itu zikir dan jihad tidak dapat dipisahkan. 
"Hai hamba hamba Allah yang beriman jika kalian menjumpai musuh yang menyerang kalian, hadapilah dengan segala kekuatan kalian dan teruslah berzikirlah kepada Allah niscaya kalian akan menang" (QS Al Anfal 45).

Kalau senang ibadah maka iapun sibuk asyik muhasabah dirinya, 
"Tiada yang paling aku sukai kecuali perbaikan dan kebaikan" (QS Hud 88).
Karena itulah zikir, ibadah, akhlak, amal sholeh, da'wah, jihad dan muhasabah diri adalah kesatuan utuh yang memang dapat dibedakan tetapi tidak dapat dipisahkan. 

Allahumma ya Allah berkahilah persahabatan dan harakah da'wah kami...aamiin.

K. H. Muhammad Arifin Ilham
23 Maret 2015

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Jaga Iman dan Akhlak

 Sahabatku iman yang paling baik adalah akhlak Dari sabda Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam, أَكْمَلُ المُؤْمِنِينَ إِيمَانًا أَحْسَنُهُمْ ...