Minggu, 21 Agustus 2016

Tahlilan

Tahlilan memang tidak dicontohkan oleh Rasulullah SAW Tidak ada sebuah riwayat pun yang menjelaskan bahwa sahabat melakukan tahlilan untuk Rasulullah SAW, padahal tidak diragukan lagi besarnya cinta sahabat terhadap beliau. Ketika Siti Khadijah wafat, Rasulullah SAW pun tidak melakukan tahlilan untuk istrinya, padahal kita tahu bagaimana kedalaman cinta Rasulullah SAW kepada Khadijah. Ketika Ibrahim putra Rasulullah SAW meninggal, beliau pun tidak melakukan tahlilan untuk putranya.

Dari penjelasan tersebut, dapat kita simpulkan bahwa Rasulullah SAW dan para sahabat tidak pernah melakukan tahlilan jika ada yang meninggal. Pelaksanaan tahlilan sebetulnya merupakan budaya setempat yang dianggap sebagai kewajiban dalam agama. Sebagian ulama menyatakan bahwa tahlilan merupakan ibadah yang tidak dicontohkan oleh Rasulullah SAW. Itulah inti dari hukum tahlilan.


Ustadz Aam Amiruddin
20 Agustus 2016

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Jaga Iman dan Akhlak

 Sahabatku iman yang paling baik adalah akhlak Dari sabda Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam, أَكْمَلُ المُؤْمِنِينَ إِيمَانًا أَحْسَنُهُمْ ...