Kamis, 09 Februari 2017

Memilih Pemimpin

Assalaamu alaikum wa rahmatullahi wa barakaatuhu.

SubhanAllah walhamdulillah sahabatku hukum memilih pemimpin hukumnya wajib, dan Islam sangat memperhatikan kepemimpinan.
Simaklah Kalam Allah ini,
“Hai orang-orang yang beriman, janganlah kamu mengambil orang-orang kafir menjadi WALI (pemimpin) dengan meninggalkan orang-orang mu'min. Apakah kami ingin mengadakan alasan yang nyata bagi Allah (untuk menyiksamu)?” (QS An Nisa’ 144).
“Kabarkanlah kepada orang-orang MUNAFIQ bahwa mereka akan mendapat siksaan yang pedih. (Yaitu) orang-orang yang mengambil orang-orang kafir menjadi WALI (pemimpin/teman penolong) dengan meninggalkan orang-orang mu'min. Apakah mereka mencari kekuatan di sisi orang kafir itu? Maka sesungguhnya semua kekuatan kepunyaan Allah” (QS An-Nisa’ 138-139).

Demikian pula dalam surah Ali Imron 28, Al Maidah 51, Al Maidah 57, Al Maidah 80 - 81, At Taubah 23, Al Mujadalah 22, dan Al Muntahanah 1.

Rasulullah bersabda,

"Sesungguhnya manusia yang paling dicintai oleh Allah dan paling dekat tempat duduknya pada hari qiamat adalah pemimpin yang adil, sedangkan manusia paling dibenci oleh Allah dan paling jauh tempat duduknya adalah pemimpin yang zhalim" (HR Tirmidzi dan Ahmad).

“Jika ada tiga orang bepergian, hendaknya mereka mengangkat salah seorang di antara mereka menjadi pemimpinnya.” (HR Abu Dawud dari Abu Hurairah).

Ingat sahabatku kisah pembaiatan Abu Bakar di Saqifah Bani Saidah sesaat pasca wafatnya Rasulullah adalah bukti lain betapa pentingnya arti kepemimpinan ini dalam Islam. Saat jasad Nabi yang belum lagi dimakamkan, para sahabat lebih mendahulukan memilih khalifah pengganti Nabi daripada menyelenggarakan jenazah beliau yang agung dan mulia.

Sungguh kalian bagaimana pemimpin kalian, inilah diantara kriteria pemimpin dalam Islam :

1. Muslim
2. Dewasa
3. Sehat jasmani
4. Bertaqwa, takut sekali berbuat ma'shiyat
5. Ikhlas
6. Jujur, shiddiq
7. Cerdas, fathonah
8. Dipercaya, Amanah
9. Semangat da'wah, tablig
10. Adil
11. Bijaksana
12. Berani
13. Tegas
14. Berwibawa
15. Rendah hati
16. Dermawan
17. Belas kasih, penyayang
18. Teladan, uswah hasanah
19. Dicintai umat
20. Rumah tangganya sakinah

Alhamdulillah kini pemimpin ibu kota Jakarta Indonesia tercinta ada dua calon muslim:
- Keduanya sama-sama muslim dan sholeh, maka pilihlah mana diantara keduanya yang paling sholeh,
- Keduanya sama-sama berkeluarga bahagia, mana diantara keduanya keluarganya yang bahagia hidup dalam Islam, lihatlah kehidupan rumah tangganya. Bagaimana ia menjadi imam bagi istri dan anak-anaknya,
- Keduanya sama-sama cerdas, mana diantara keduanya yang paling cerdas, cerdas pendidikannya, cerdas tutur katanya, luas ilmunya, luas cakrawala berfikirnya, mateng,
- Keduanya sama-sama dewasa, mana diantara keduanya yang lebih dewasa, mature enough,
- Keduanya sama-sama berwibawa, mana diantara keduanya lebih berwibawa, punya kharisma, dicintai dan disegani, bisa dilihat dari bahasa tubuhnya,
- Keduanya sama-sama berpengalaman, mana diantara keduanya yang lebih berpengalaman.

Lihatlah, kenalilah, istiharohlah, pilihlah, berdoalah, dan tawakkal kepada Allah.
Jangan pernah remehkan soal pemimpin ini, dan jangan sekali kali golput, walau belum ideal sempurna, ini menentukan perjalanan negeri kita tercinta Indonesia.

Anyway, siapapun pilihan kita dan pilihan saudara kita, juga saudara kita non muslim bahkan siapapun terpilih WAJIB KITA HORMATI, kita harus belajar "like in dislike" suka dalam ketidaksukaan, itulah penghormatan kepada saudara kita, sebangsa setanah air, sahabatku.

Allahumma ya Allah hadirkan untuk kami pemimpin yang bertaqwa, yang mengajak kami mencintaiMu...aamiin, aamiin, aamiin.



K. H. Muhammad Arifin Ilham
8 Februari 2017

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Jaga Iman dan Akhlak

 Sahabatku iman yang paling baik adalah akhlak Dari sabda Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam, أَكْمَلُ المُؤْمِنِينَ إِيمَانًا أَحْسَنُهُمْ ...