Jumat, 23 November 2012

Ghibthoh

Assalaamu alaikum wa rahmatullaahi wa barkaatuhu.

Kalau hasad-dengki adalah sifat sangat tercela, benci melihat orang lain yang lebih sukses dari dirinya, lalu mencari-cari “tajassus” kekurangan orang yang dibencinya untuk disebarkan, kalau tidak ada maka dia buat fitnah. Boleh jadi siang malam berfikirnya hanya untuk menjatuhkan orang yang dibencinya.

Lain halnya dengan sifat GHIBTHOH lawan d
ari hasad, ini adalah sifat terpuji, akhlak para nabi dan orang-orang sholeh, sangat senang melihat kelebihan saudaranya, dia dekati, dia doakan agar saudaranya selalu dalam berkah bahkan ia senang belajar kepada saudaranya yang lebih sukses dari dirinya, SubhanAllah.

Sahabatku, sifat hasad membuat empunya menderita, bermusuhan, amal ibadahnya pun ludes, celaka dunia akhirat. Sementara sifat ghibthoh sangat menyenangkan, bersahabat, sehat wal afiat, bahagia dunia akhirat.

Karena itulah Rasulullah mengajarkan umatnya untuk GHIBTHOH, cemburu iri dalam kebaikan yang membuat kita untuk mencontohnya, yaitu hartawan dengan rizki halal yang berlimpah dengan senang hati ia dermakan di jalan Allah dan Ulama dengan ilmunya ia da'wahkan dengan ikhlas.

Simaklah nasehat Rasulullah,“Tidak ada kecemburuan yang boleh dilakukan kecuali kepada dua orang, yaitu; 1. Seseorang yang diberi harta oleh Allah, lalu digunakannya di jalan Allah. Dan 2. Seseorang yang diberi Allah ilmu lalu ia mengajarkannya dengan ikhlas" (HR Bukhori).

Inilah cita-citaku dan kuharap kalian yang juga bercita-cita menjadi manusia yang mulia ini.
Ingat sabda Rasulullah,"Beruntunglah kekayaan di tangan hamba Allah yang sholeh". Sehingga berda'wah tidak hanya dengan lisan, tetapi juga harta dan akhlak. Sungguh mereka yang meminta dalam da'wahnya bukan hanya gagal dalam da'wah tetapi ia menghinakan dirinya dihadapan Allah dan mahlukNya.
"Allahumma ya Allah hiasilah hidup kami dengan kemuliaan sifat ghibthoh, jadikanlah kami hambaMu yang berkah dengan rizki & ilmuMu agar kami menjadi manusia penuh manfaat bagi maklukMu...aamiin".

K. H. Muhammad Arifin Ilham
11 November 2012

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Jaga Iman dan Akhlak

 Sahabatku iman yang paling baik adalah akhlak Dari sabda Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam, أَكْمَلُ المُؤْمِنِينَ إِيمَانًا أَحْسَنُهُمْ ...