Sabtu, 16 Maret 2013

Menikmati Menghafal Al-Qu'ran

Ketika seorang mo ngafal, baru 1-2x, or 4-5x berusaha ngafal, udah hafal. Lalu langsung ke ayat berikutnya. Harusnya, jangan. Ulang 20-40x dulu.

Ngafal itu: DINIKMATI. Bukan pecepat-cepet. Dinikmati. Diresapi. Hingga menyatu ayat itu dengan darah dan daging qt. Dengan hati dan pikiran qt.

Baca ayat 1, 20-40x. Nanti juga hafal sendiri. Pake dulu dalam shalat-shalat sunnah. Baru ayat berikut, baca 20-40x lagi. Hafalnya, hafal bener dah tuh.

Liat nomor ini: 922 922 922. Trus tutup twitter ini. Pasti langsung hafal. Itulah "hafalan bohong". Hafalan permukaan. Minggu depan? Bulan depan? Lupa.

Membaca berulang-ulang, adalah proses menghafal juga. Rajinin aja baca berulang-ulang. Disabarin. Dinikmatin. Tapi truuuuussss jalan. Hingga tetep hafal 1 surah.

Seperti annaba. annaba itu 40 ayat. Al Mulk: 30 ayat. Dinikmati aja. Selama 40 hari ngafal annaba. 30 hari ngafal annaba. Sambil liat-liat artinya. Sebab pengen cepet ngafal, akhirnya cepet lupa. Ga dapat juga saripatinya. Ga dapat feelnya. Jangan jadi kayak kejar setoran. Santai, tapi pasti.

1 ayat, dibaca 20-40x, insyaAllah hafal dengan sendirinya. Kalo kepanjangan, 1 baris ga masalah. 1 hari 1 baris. Juz amma itu 271 baris. Setahun, hafal deh.

Ya, juz 'amma, juz ke-30, 271 baris. 1 tahun? 365 hari. Itu belum dipotong surah-surah pendek yang qt hafal. Mungkin "hanya" 200 baris sisanya. Pesan saya, bener-bener dinikmati. Ga pengen kan hafal banyak, lupa banyak. Cuma sebutannya saja, udah hafal. Tapi aslinya? Sedikit yang nyangkut.

Lagian, ngafal Qur'an itu jauh melebihi perumpamaan nabung duit, atau nabung emas. Ngafal dengan cara seriiiiiiinggg baca, berulang-ulang baca, subhaanallaah... Itu sama dengan menabung pahala & kebaikan hingga bergunung-gunung.

Baris I di surah annaba, 39 huruf. Hitung deh 40 huruf. Pahala 1 huruf? 10x s/d 700x lipat. Coba berapa tuh? Bila baca paling engga 20-40x?
40 huruf di ayat 1 surah annaba x 700 pahala/kebaikan x 40x baca = 1.120.000. Kalo dicairkan? He he bisa beli voucher? Tokonya juga bisa kebeli.

Pencairan pahala/kebaikan, kerap Allah lakukan. Semacam bonus sebelum the real pembagian bonus di hari hisab. Nah, bonus ini boleh diminta. Yang belum berjodoh, minta sama Allah, bonus ngafal berupa jodoh yang sama-sama bisa ngafal, sehingga punya keturunan yang hafal-hafal Qur'an. Yang punya hutang, minta bonus ngafal sama Allah, lunasnya hutang. Yang lagi belajar, kuliah, minta bonus beasiswa ke jenjang yang lebih tinggi, etc. Termasuk yang pengen kaya, asal minta kayanya sama Allah, why not? It's just bonus. Jangan takut minta kaya sama Allah. Ga ngafal juga boleh minta.

Gembirakan hati, bahwa Allah itu bukan hanya Maha Kaya. Tapi juga Maha Pemurah. Sama yang ga saleh aja Pemurah. Pegimana lagi sama yang berusaha saleh.

Menghafal tanpa guru. Itulah saya. It was me. Baca berulang-ulang dan dinikmati. Sambil jalan-jalan liat isinya Qur'an. Sambil dakwahin juga. "Kamu nyapu gih," kata ortu. "Tar ditambah uang sakunya." Ortu juga sadar, bisa jadi qt nyapu sebab pengen bonus. Tapi it's ok. Itu janjinya ortu. Anak bilang, "Saya mau nyapu, tapi hadiahnya ada lagi ga?". Di sini bedanya dengan Allah. Allah itu Maha. DIA mah ga pernah kehabisan bonus. Ortu bisa marah-marah: "Kamu nih, maunya karena bonus aja...".

Lah Allah? Allah mah ga pernah begitu. DIA tau kualitas siapa-siapa yang masih pengen bonus-Nya. Dan lagian masa iya ga belajar? Lama-lamakan belajar. Belajar untuk nyapu bukan karena bonus. Begitu juga dengan Allah. Tapi the princip is no problemo minta bonus. Dan janji Allah jelas beda dengan janji ortu. Allah bahkan bisa mengupgrade hamba-hambaNya hingga ke kualitas yang diinginkan-Nya.

Allah itu, Nyuruh minta, dan minta trus. Jangan berenti minta. Apalagi sampe malu minta, yang akhirnya malah ga minta. Kalo bisa tambah banyak minta.

Ustadz Yusuf Mansur
4 Maret 2013

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Jaga Iman dan Akhlak

 Sahabatku iman yang paling baik adalah akhlak Dari sabda Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam, أَكْمَلُ المُؤْمِنِينَ إِيمَانًا أَحْسَنُهُمْ ...