Selasa, 19 Maret 2013

Sedekah POL-POLan

Investasi PU? Ga ada apa-apanya. PA? Ga ada apa-apanya. Investasi Bodong? Apalagi. Ngawur itu. Investasi Sedekah? Baru tuh TOP! 700x lipat + +.

Kalo bukan ada juga fadhilah bisnis, usaha, kerja, dagang, dan Allah pun menyuruh itu, niscaya saya udah nyuruhinnya sedekah teruuuuuuusss..

Coba periksa kantong, dompet, atm... Ada isinya? Ada duitnya? Sedekahin aja. Semua. InsyaAllah dah... Bakalan habis, he he...
Gajian bulan ini nih, buat yang kerja, langsung aja begitu gajian, habisin. Sedekahin semua. InsyaAllah. InsyaAllah dikemplang bini, he he he.

Sekali-kali jajal sedekah yang nampol. Sedekah POL-POLan. Habis itu biasanya suka jumpalitan. Kayak naik halilintar. Tapi udahannya, TOP banget.

Jadi siswa, duit jajan, sedekahin aja semua. Jangan lupa bawa sapu tangan. Buat ngusap iler, he he. Yang lain jajan, dia engga. TOP dah tuh.
Buat mahasiswa, puasa Daud. Biar banyak ngiritnya. Kos nya di masjid aja. Sekalian bersihin dan jaga masjid. Duitnya jadi bisa sedekah gede.
Jadi bini, ga usah ke pasar. Bilang sama suami dan anak-anak, tar malam, tidur sore-sore aja. Duit belanja, ibu sedekahin. He he, insyaAllah ribut dah semua.

Jarang ada yang mau ngorbanin kepentingan, kebutuhan, kesenangan, dirinya dan kaga tahan banting. Padahal kesudahan setelah sedekah, masyaAllah. Kalo mau Quantum Changing, ya kudu Quantum Giving. Quantum Sedekah. + Quantum juga ibadahnya, sabarnya, ridhonya, ikhlasnya.

Saat qt udah habis-habisanan, syetan suka datang ngegoda. Syetan ga ridho qt sedekah gede. Saat itu gigit iman yang kenceng. Usir syetan dengan tawakkal.

Jika ga siap sedekah pol-polan, ga kuat sabar, ga kuat ngejalanin kalo ujian datang, misal, ga buru-buru dibalas Allah, maka lebih baik sedekah biasa aja.

Sedekah bukan satu-satunya amalan pilihan. Masih buanyak amalan yang bisa dipilih. Misal, jaga shalat yang fardhu berjamaah di masjid. Bisa juga pilih jalan ninggalin dosa, ninggalin maksiat. Itu juga jalan untuk ngundang banyak kemudahan & rizki dari Allah. Ga harus lewat jalan sedekah.
Jalan selain sedekah untuk ngubah hidup, asli banyak.

Kemurahan Allah, Allah ngasih pilihan banyak jalan yang bisa dipilih hamba-hambaNya sesuai dengan kemampuannya. Bisa juga misalnya lewat nurut sama ortu, nyenengin ortu, bantuin nyuci piring, mijetin pundaknya, atau bantu-bantu ngabisin makanannya, he he.
Ortu jika masak, ngehidangin, lalu ga habis, kan sebel. Kalo habis, seneng. Tanda qt ga nyia-nyiain masakannya. Itu juga kebaikan. Ga harus selalu sedekah.

Tapi ibarat bertarung, maka punya simpenan lebih dari 1 jurus, adalah bagus banget. Sedekah, 1 jurus. Pake jurus yang lain juga.
Sabar nerima keadaan, sabar nerima perlakuan orang, sabar nerima hinaan, ledekan, makian, orang, ini juga amalan hebat.

Amalan itu, apapun ia bentuknya, kayak pisau. Kudu sering diasah. Supaya bercahaya. Sedekah sekali-kali, tentu beda juga efeknya dengan yang sering-sering sedekah.

Ustadz Yusuf Mansur
8 Maret 2013

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Jaga Iman dan Akhlak

 Sahabatku iman yang paling baik adalah akhlak Dari sabda Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam, أَكْمَلُ المُؤْمِنِينَ إِيمَانًا أَحْسَنُهُمْ ...