Rabu, 05 Maret 2014

Berwudhu Sebelum Tidur

Maaf bang, mengapa abang selalu menganjurkan berwudhu sebelum tidur, adakah dasarnya dan apa keistimewaannya?

SubhanAllah tentu sahabatku, tiada kebahagiaan kecuali hidup dalam sunnah Nabi Muhammad. Diantaranya "Almutathohhiriin" KECINTAAN ALLAH kepada hambaNya yang selalu menjaga kesucian dirinya (QS Al Baqoroh 222), diantaranya selalu berwudhu. 

Dan keuntungan kalau ia berwudhu lagi sebelum sholat padahal ia dalam keadaan wudhu maka bertambahlah kemuliaan untuk dirinya, Rasulullah bersabda: "Barang siapa yang berwudhu padahal ia masih ada wudhu, maka dicatat untuknya sepuluh hasanat" (HR Abu Daud).

Dan ajakan spesial Rasulullah, “Apabila engkau hendak mendatangi pembaringan (tidur), maka hendaklah berwudhu terlebih dahulu sebagaimana wudhumu untuk melakukan shalat” (HR. Bukahri dan Muslim).

Dalam hadist lain, “Barangsiapa tidur di malam hari dalam keadaan suci (berwudhu’) maka Malaikat akan tetap mengikuti, lalu ketika ia bangun niscaya Malaikat itu akan berucap ‘Ya Allah ampunilah hambaMu si fulan, karena ia tidur di malam hari dalam keadaan selalu suci" (HR Ibnu Hibban dari Ibnu Umar r.a.). 

Istimewa sekalikan!?

Mulailah saat ini berazam, bertekad kuat untuk selalu membiasakan menjaga wudhu hingga wafat dalam keadaan dicintai Allah, karena wafat dalam keadaan berwudhu. 

So mulai rehat malam ini mari kita biasakan selalu menjaga wudhu kita, insyaAllah...aamiin.

Selamat tidur bahagia dalam Sunnah Rasulullah, sahabatku tercinta.

K. H. Muhammad Arifin Ilham 
3 Maret 2014 

Diperbarui 25 Juni 2014 
Diperbarui 17 Januari 2016

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Jaga Iman dan Akhlak

 Sahabatku iman yang paling baik adalah akhlak Dari sabda Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam, أَكْمَلُ المُؤْمِنِينَ إِيمَانًا أَحْسَنُهُمْ ...