Sabtu, 08 Maret 2014

Zikir Dan Shalawat

Enjoy your malam jum'at... tetep jangan tinggal Yasinan yang dah dibaca bertahun-tahun. Ga apa-apa. Yaasiin ya al Qur'an juga. Salam.

Perbanyak shalawat di hari Jum'at ya. Sebab Allah mengembalikan ruh Nabi langsung untuk menjawab setiap shalawat kita. Khusus di hari Jum'at. Biasanya shalawat akan dianter oleh malaikat Allah. Dan dikembalikan lagi oleh malailat Allah. Di hari Jum'at, langsung sampe dan dibalas Nabi.

Saat kerja gimana? Terutama yang butuh konsentrasi?
Ya ga shalawat ga apa-apa. Saat senggang, seperti saat pergi pulang berkendaraan, istirahat, dll, baca.

Sambil masak, boleh. Sambil jalan ke sekolah, ke kampus, jalan ke pasar... baca shalawat. Tapi saat di meja makan dengan suami/istri, lagi makan, jangan baca shalawat.

Saat ke sekolah/kampus, pergi pulang, istirahat, nunggu pergantian guru/dosen, baca. Tapi saat lagi belajar, interaksi dengan guru/dosen, ya jangan baca dulu.

Jalan ke pasar, pergi pulang, asyik sambil shalawat. Tapi di depan pedagangnya, jangan baca shalawat. Tar disangka nyalawatin tukang dan dagangannya he..he....

Kalo lagi dengerin tausiyah, baiknya jangan baca shalawat juga. Jangan muter tasbih. Dengerin aja tausiyah dulu baik-baik. Tar udahan tausiyah, zikir lagi.

Depan calon mertua, jangan komat kamit zikir juga. Tar disangka ngapa-ngapain beliau. Depan mertua juga. Jaga perasaan dan hargai orang lain.
Tapi jika sudah sangat terbiasa, nanti zikir hati bakal bisa jalan. Keliatannya kayak ga baca. Tapi hati bermulti-tasking baca shalawat dan zikir-zikir.

Lagi lari, olahraga, cakep banget sambil zikir dan shalawat. Sebelum rapat, setelah rapat, cakep zikir dan shalawat. Tapi saat rapat, ga usah. Ga elok.

Sambil nyisirin istri, cakep banget sambil bershalawat. Biar tambah sayang dan disayang.

Sambil makein anak baju, nyuapin, ngasuh, ngegendong, cakep sambil zikir dan shalawat. Biar anak pada baik dan nurut, sehat dan bermasa depan baik.

Mau nawar rumah, sejak jalan sampe depan pintunya, cakep zikir dan shalawat. Tapi begitu bicara dengan pemilik, jangan sambil komat kamit. Ga sopan jadinya.

Deket anak yang sehat apalagi sakit, cakep banget zikir dan shalawat. Zikir dan shalawat juga adalah doa adanya.

Ok. Mulai deh... Shalawat... Kita baca dulu yuk... 100 shalawat. Kirim-kirim ke yang lain. Supaya dapat mata rantai pahala bacaan shalawat yang lain.


Ustadz Yusuf Mansur
6 Maret 2014

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Jaga Iman dan Akhlak

 Sahabatku iman yang paling baik adalah akhlak Dari sabda Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam, أَكْمَلُ المُؤْمِنِينَ إِيمَانًا أَحْسَنُهُمْ ...