Selasa, 18 Maret 2014

Islam & Muslim

Islam & muslim harus tampil elegant dalam fastabiqul khairat membangun negeri ini. Dan berjuang aja yang terbaik dengan the beauty of Islamnya.
Islam & muslim, harus pinter-pinter ummatnya. Pada sekolah dan kuliah yang bener, S1, S2, S3. Kalo perlu di luar negeri. Minta rizkinya dari Allah.
Islam & muslim, ummatnya kudu kerja yang bener, usaha yang bener, giat, rajin, terukur, cerdas, tuntas, ikhlas, punya greget, punya impian...

Sementara jika ada yang bertarung dengan cara-cara yang ga bener di dunia ekonomi, dan kekuasaan, ga usah risau. Kalo bisa nasihatkan, nasihatkan. Kalo ga bisa dinasihatkan, maka yang curang-curang, yang jahat-jahat, yang berbuat makar dan tipu daya, ga usah dirisaukan. Urusannya sama Allah.
Lurus aja. Lempeng aja. Pikirin perbuatan ummat Islam dan ummat muslim. Beri yang terbaik untuk semesta dan seisinya. Jangan pikirin perbuatan orang lain.

Perhatikan kejujuran, kebersihan, kedisiplinan, ketertiban. Tunjukin the beauty of Islam. Dari hal-hal kecil, meludah, sampah, lalu lintas. Kalo perlu, mulai dari pakaian dan penampilan. Benahin. Ikut nolong Islam dan muslim, dengan jadi orang yang enak diliat.

Pake minyak wangi, periksa bau gigi dan ketek. Supaya nyaman orang berada di deket kita. Sepatu, semir. Rambut, sisir. Kuku-kuku diperiksa, jangan ampe item. Liat sampah, jadi yang duluan ambil, jangan keduluan orang.

Jangan buang sampah dari mobil, motor. Malu sama ummat lain. Apalagi klo ada tulisan Allah atau atribut Islam di mobil atau motornya.

Duluin kepentingan orang. Baik ketika jalan kaki, nyebrang, berkendaraan, di restoran, di pasar, duluin orang lain. Tunjukkan kesantunan. Dengan menunjukkan itu semua, percayalah, pride dan proud juga akan naik dengan sendirinya. 'izzah & muru'ah, kemuliaan dan kehormatan akan datang.

Jaga lisan. Jangan ampe gates jadi orang. Jangan ampe ada yang sakit dan tersinggung. Jaga tangan, jangan ampe jail. Jaga pikiran dan hati jangan ampe kotor. Tar salah-salah menjelma jadi kekotoran juga.

Penuhi masjid. Tapi masuk dengan kerapihan sendal. Rapihin sendal yang orangnya dah masuk duluan. Supaya enak diliat dari luar. Pake wewangian.

Baca Qur'an di manapun saat senggang. Tunjukkan kepada dunia dengan niat dakwah, bahwa jadi ummat Islam, ummat muslim, ga boleh ada yang sia-sia.

Jangan ampe nongkrong yang ga ada faedahnya. Kalo pun nongkrong sebab berkawan, jangan lama-lama. Ajak kawan-kawan tersebut jalan-jalan. Minimal dapat olahraga jalan kaki.

Kasih prestasi sama dunia. Supaya Islam dan muslim juga bermakna: prestasi. Jangan seperti sekarang, yang keliatan kemunduran dan kejelekan terus.

Bikin dunia perlu sama Islam dan muslim. Jangan ampe kita dirasa ga diperlukan. Malah jadi beban. Tunjukin dunia perlu ama kita. Dengan jadi yang terbaik.

Jadi ustadz, jadilah yang terbaik, he he he. Ini mah buat saya ya? he he he... iya dah...
Jadi istri, jadilah istri terbaik dibanding istri-istri suami orang. Why? Why itu mengapa.
Jadi suami, jadilah suami terbaik. Jadi anak, jadilah anak terbaik. Murid terbaik, guru terbaik. Dosen terbaik. Staff terbaik...
Jadi kakak terbaik. Jadi adik terbaik. Jadi tetangga terbaik. Jadi sodara terbaik.
Jadi mertua terbaik. Jadi orang tua terbaik.
Jadi walikota, gubernur, menteri, presiden, terbaik, dari seluruh yang pernah jadi. Why? Because we are muslim. Because Islam. Karena Allah.

Naikin kemuliaan, harga diri, kehormatan, dengan jadi the winner. Jangan jadi the looser. Mulai deh dari yang kecil-kecil, dari diri sendiri, dan dari sekarang. Misal, rapihin kamar sendiri. Rapihin bekas makan sendiri.

Kalo lagi ngantor, pas pulang kerja, meja dan ruangan pastikan bersih dan rapih. Bikin OB bengong ga ada kerjaan. Sapuin dulu, pel dulu.

Ya, mulailah dari hal yang kecil, diri sendiri dan dari sekarang.

Allah sudah stempel ummat Islam dengan sebutan Khoiro Ummat. Ummat Terbaik... Maka, buktikanlah... Salam hormat, Yusuf Mansur.

Ustadz Yusuf Mansur
16 Maret 2014

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Jaga Iman dan Akhlak

 Sahabatku iman yang paling baik adalah akhlak Dari sabda Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam, أَكْمَلُ المُؤْمِنِينَ إِيمَانًا أَحْسَنُهُمْ ...