Senin, 19 Januari 2015

Beda‬

al Qur'an itu beda. Bacaan yang beda. Ga bisa kita bilang, bila ga ngerti, lalu dikatakan percuma. Beda. al Qur'an itu beda.

Kita baca buku bahasa asing, Perancis, Rusia, China, Turki, misalnya. Lalu ga ngerti. Beda dengan baca al Qur'an walo sama-sama ga ngerti. Jangankan baca. Liatin al Qur'an doangan, ga baca, sebab ga ngerti. Ato denger doang, dalam keadaan yang baca dan yang denger ga ngerti, tetep berkah.

Bahasanya: Bukan percuma. Tapi lebih hebat lagi. Lebih bagus lagi. Jika kemudian bisa ngerti, bisa paham. Jangan dibilang percuma baca dan ngafal tanpa ngerti. Yang begini, bukan buat diperdebatkan. Sehingga tampak bukan seperti orang pinter. Tapi lebih ke ga mau nerima nasihat. Yang begini, bukan untuk didebatin. Tapi untuk lebih didalemin lagi, kenapa jadi beda begitu.

Bila merasa ngerti, lebih baik langsung ngajarin yang dah mau baca, apalagi dia mau ngafal, dengan serangkaian pengajaran agar dia paham. Dan ga dibenarkan juga hanya baca terjemahan aja. Dengan dalih buat apa? Percuma gue ga ngarti baca arabnya. Lagian gue bukan arab.

Jangan kebencian, atau ketidaksukaan qt kepada sebagian Arab, lalu menyamaratakan juga apa-apa yang dari Arab. Lebih baik fair, positif, & doa. Secara qt juga ga mau negeri ini dibilang negeri korup. Secara emang ada banyak pejabat yang korup. Qt ga suka disebut begini. Qt juga ga suka disebut negeri tukang boong, negeri tukang zina, negeri maling, negeri teroris, negeri yang suka ribut terus. Ga suka. Karena itu, jangan juga mengatakan 1 negeri, apalagi seluruh Arab, sebagai bangsa barbar, bangsa saling bunuh. Jangan. Keluarnya herus baik dan doa.

Mengetahui isi Qur'an, sama penting dengan bisa baca. Bahkan terus belajar memperbaiki bacaan, sama penting dengan S2, S3, & seminar ini itu.

Harusnya malah saya bilang, lebih baik dari mempelajari apapun di luar kitab suci. Tapi tar tambah berbantah-bantahan, he he he....

Oke. Saya otw pulang. Makasih buat semuanya.
 
Sebelum tidur, baca al Mulk dulu ya. Usahakan sambil memahami dan mengerti bacaan al Mulk. Semoga Allah memberikan ilmu dan hidayah-Nya buat qt.


Ustadz Yusuf Mansur
18 Januari 2015

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Jaga Iman dan Akhlak

 Sahabatku iman yang paling baik adalah akhlak Dari sabda Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam, أَكْمَلُ المُؤْمِنِينَ إِيمَانًا أَحْسَنُهُمْ ...