Minggu, 14 April 2013

Risk Sharing

(1) Salah satu keunggulan Islamic Finance adalah adanya instrumentasi RISK SHARING (berbagi resiko juga keuntungan tentunya).

(2) Dengan RISK SHARING semua pihak dalam bisnis dipaksa untuk cermat dan hati-hati karena kerugian akan ditanggung bersama.

(3) RISK SHARING semua biaya harus dikontrol ketat karena besar pasak daripada tiang akan berbahaya yang berujung pada kerugian.

(4) Risk Sharing dapat mendorong entrepreneurship dan minat terjun ke dunia usaha karena resiko tidak ditanggung sendiri tapi di sharing.

(5) Risk Sharing dapat merubah hubungan pemilik dana dengan pelaksana usaha dari sekadar PEMINJAM menjadi PARTNER dalam usaha.

(6) Risk sharing bertumpu lebih banyak pada equity tidak pada debt (hutang) dengannya ekonomi berdiri di atas sektor riel yang kuat.

Saat ini ada 5 negara yang menjadi lokomotif keuangan syariah dunia, Malaysia, Inggris, Saudi Emirates (Dubai) dan Indonesia

Muhammad Syafii Antonio
2 April 2013

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Jaga Iman dan Akhlak

 Sahabatku iman yang paling baik adalah akhlak Dari sabda Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam, أَكْمَلُ المُؤْمِنِينَ إِيمَانًا أَحْسَنُهُمْ ...