Rabu, 18 Juni 2014

Menyambut Datangnya Bulan Ramadhan

Assalaamu alaikum wa rahmatullah wa barkaatuhu.


Subhanallah walhamdulillah sahabat sholehku inilah diantara sikap seorang mu'min dalam rangka menyambut datangnya bulan Ramadhan ini, 

Marhaban ya Romadhon, marhaban ya syahrosh shiyaami, marhaban ya syahrol qiyaami, marhaban...
“Hai orang-orang yang beriman, diwajibkan atas kalian berpuasa sebagaimana diwajibkan atas orang-orang sebelum kalian agar kalian bertakwa” (Q.S. Al-Baqarah 183).
Dari Abu Hurairoh, Rasulullah bersabda, “Telah datang kepada kalian syahrun mubarak (bulan yang diberkahi).
Diwajibkan kalian berpuasa.
Pada bulan tersebut pintu-pintu Syurga dibuka, pintu-pintu neraka ditutup, syaithan-syaithan dibelenggu.
Padanya juga terdapat suatu malam yang lebih baik dari seribu bulan, barangsiapa yang terhalang kebaikan pada malam itu, maka ia telah terhalang dari kebaikan tersebut.” (HR. Ahmad, An-Nasa’i dan Al-Baihaqi).

Abang menangis ngga kuat menyimak tawshiyah Syekh Abdul Ilahkan Attamiri hafizhohullah.

inilah sikap seorang mu'min menyambut gembira datangnya bulan Ramadhon:

1.“Alfarhu”
Hatinya merasa gembira, dan bersuka cita dengan kedatangan bulan Ramadhan ini, karena dipanggil Allah untuk melaksanakan shaum, karena dirinya mengetahui sepenuhnya bahwa dengan puasa ini Allah akan mengangkat derajatnya menjadi hambaNya yang bertaqwa,
"marhaban ya Ramadhon, bulan rahmat, bulan ampunan". (QS Al Baqoroh 183).
Rasulullah bersabda, “Sesungguhnya di surga ada sebuah pintu yang dinamakan Ar-Rayyan. Yang akan masuk melaluinya pada hari kiamat hanyalah hamba-hamba yang berpuasa. Tidak akan masuk seorang pun melaluinya selain mereka. Lalu diserukan, “Manakah hamba-hamba Allah yang berpuasa?” Maka, mereka pun berdiri. Tidak ada seorang pun yang akan masuk melalui pintu Ar-Rayyan ini kecuali mereka. Setelah semua masuk, pintu itu pun ditutup, sehingga tidak ada lagi yang bisa masuk melaluinya” (Muttafaqun ‘Alaih).

Rasulullah bersabda: “Wahai sekalian manusia. Ramadhan, bulan penuh berkah telah datang kepada kalian. Pada bulan ini, Allah melimpahkan (karunia-Nya) kepada kalian. Dia menurunkan rahmat, menghapuskan kesalahan-kesalahan, dan mengabulkan doa. Allah akan melihat perlombaanmu di bulan itu dan akan membanggakanmu di hadapan para malaikat. Maka, tampilkanlah dari diri kalian yang baik-baik. Karena orang yang malang adalah orang yang tidak mendapatkan rahmat Allah pada bulan itu” (HR Ath-Thabrani)

2. "Ad Dua" 
Mohon ampunan, amal ibadah diterima, panjang umur ke Romadhon berikutnya. "Romadhon ke Romadhon ampunan dosa". 

3. “Attazzikiyah”
Berusaha untuk membersihkan hati agar hatinya terbebas dari penyakit-penyakit hati yang menyebabkan dirinya sulit untuk mengakses “nur” rahasia hikmah yang tersembunyi di balik bulan Ramadhan dengan selalu memperbanyak istigfar di setiap kesempatan menjelang Ramadhon.

4. "Al qodho" 
Menunaikan puasa tahun sebelumnya

5. "Al afwu" 
Mohon maaf, shilaturrahim.

6. "Al Maal" 
Persiapan rizki meraih nilai maksimal, seperti mukena, baju koko, sajadah yang bagus (Q.S. Al A'rof : 31), membersihkan dan memperindah rumah, mesjid dan sebagainya.

7.“Al ilmu”
Mempelajari tujuan, hikmah, keutamaan, amal-amal utama dan hal-hal yang dapat mengurangi bahkan merusak nilai ibadah puasanya sehingga ketika datang Ramadhon kita benar-benar siap untuk mengakses semua nilai universitas Ramadhon. 

8. "Al Aafiyah" 
Kesehatan fisik agar ni'mat ibadah.

9. "At Tahriib" 
Mengadakan kajian keluarga dan umat.

10. "Al Barnamij" 
Menyusun program Romadhon, seperti target khatam Al Qur'an, disertai i'tikaf.

11. "Al Muhasabah" 
Semangat hijrah, perbaikan diri.

12. “Al-Maghfirah”
Memohon ampunan dari Allah, dan meminta maaf kepada orangtua, suaminya atau istri tercintanya, tidak lupa juga kepada kerabat, saudara, handai taulan dan para tetangganya. Bersih lahir batin adalah kunci kebahagiaan. 


Foto tadi dhuha abang bersama warga mesjid Az Zikra membersihkan lingkungan dan maaf-maafan menjelang Ramadhon. 

Allahumma ya Allah berkahi hidup kami di bulan Sya'ban dan panjangkan umur kami hingga Ramadhon...sehat afiyat kami selama Romadhon, dan semangatkan kami, senangkan kami, bahagiakan kami dengan Romadhon...aamiin.

Maafkan abang sekelurga lahir bathin.

K. H. Muhammad Arifin Ilham 
15 Juni 2014

Diperbarui 3 Juni 2015
Diperbarui 1 Juni 2016

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Jaga Iman dan Akhlak

 Sahabatku iman yang paling baik adalah akhlak Dari sabda Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam, أَكْمَلُ المُؤْمِنِينَ إِيمَانًا أَحْسَنُهُمْ ...