Kamis, 07 Agustus 2014

Senang Berjamaah Di Mesjid

SubhanAllah sahabat sholehku, kalau sungguh-sungguh cinta Allah dan benar-benar ingin selamat di akhirat, pasti selalu senang dan semangat berjamaah di mesjid, saking senangnya berjamaah di mesjid, ia tidak peduli perbedaan yang tidak prinsip, apakah mesjidnya berqunut atau tidak, berzikir jahar atau siri, berdoa bersama atau tidak, Muhammadiyah atau NU, hujan turun malah menambah kenikmatan berjamaah ke mesjid. Karena faham benar "fadhooil" keutamaan berjamaah di mesjid, ia hormati perbedaan kecil yang tidak pokok itu, yang terpenting dirinya selalu berjamaah di mesjid berkumpul dengan saudara-saudara seiman.

Mencari cari alasan tidak mau ke mesjid sebenarnya hanya karena cinta dunia lalu malas, dan ini justru terjadi pada orang-orang pintar bahkan pintar agamanya. 
 
Rasulullah dan para sahabat selalu berjamaah di mesjid kecuali dalam safar, sedang berperang, sakit berat dan wafat. Rasulullah tidak pernah lepas dari beribadah di masjid. Ketika beliau sakit menjelang akhir hayatnya, tatkala mendengar azan Bilal, beliau berkata kepada Saidah Aisyah, ''Antarkan aku ke rumahku!'' Saidah Aisyah keheranan dan seraya bertanya, ''Bukankah ini rumah engkau wahai kekasih Allah?' ' Rasulullah menjawab, ''Bukan, rumahku adalah masjid'', pada kesempatan lain beliau bersabda, ''Seandainya umatku mengetahui keutamaan shalat berjamaah di masjid, merangkak pun mereka tetap shalat berjamaah di masjid.''.  

Maafkan kalau jawaban abang membuat kalian tidak nyaman, insya Allah besok abang akan lanjutkan mengapa seorang mu'min senang dan bahagia berada di rumah Allah.

MasyaAllah abang menulis bersamaan turun hujan subuh ini di mesjid Az Zikra Sentul. 

Semoga Allah terus curahkan hujan rahmat dan hidayahNya kepada kita agar selalu semangat senang berjamaah di rumahNya hingga akhir hayat kita...aamiin.

K. H. Muhammad Arifin Ilham
6 Agustus 2014
 


Diperbarui 18 Januari 2015
 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Jaga Iman dan Akhlak

 Sahabatku iman yang paling baik adalah akhlak Dari sabda Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam, أَكْمَلُ المُؤْمِنِينَ إِيمَانًا أَحْسَنُهُمْ ...