Jumat, 30 Agustus 2013

DOA

Doa saya buat yang sedang bermasalah keuangan, jodoh, anak keturunan, rumah tangga, pekerjaan, karir, usaha, kesehatan, dan masalah iman dan ibadah...

Dari dulu seneeeeenggg doain orang lain. Secara tau bahwa doa itu bener-bener bakal balik ke yang mendoakan, dengan pendoanya adalah malaikat-malaikatnya Allah. Keren.
Misal, saya pengen mobil, ya saya doain aja kawan-kawan saya, guru-guru saya, keluarga-keluarga saya, supaya pada punya mobil. He he he, pasti doa itu balik lagi.
Ga ikhlas ya? Suka sok tau ah... Kayak paham aja soal ikhlasnya orang lain, he he he....

Ketika pengen dunia, ke siapa lagi meminta?
Kecuali kepada Yang Punya Dunia?
Saya sih masih di dunia, karena itu saya ga malu-malu minta dunia. Jangan lupa akhirat aja.

Pengen jodoh?
Coba sering-sering dhuha, tahajjud, sedekah, buat orang lain supaya mereka dapet jodoh. Dalam pengertian, lakukan itu ibadah-ibadah sunnah, terus doa untuk yang lain.

Pengen kaya? Sukses? Berhasil?
Coba juga sering-sering doain yang lain supaya begitu.
Pengen sehat, doain yang lain supaya sehat.
Pengen selesai masalah, dll.
Pengen ganteng? Pengen cakep? He he he, tahajjud. Tar bersinar... Ok, pamit dulu. Yang belum tidur, tidur. Tahajjud, tidur dulu. Salam.

QS al Isra ayat 18 jangan dipake untuk ngehantem yang beramal tapi berharap (doa) dunia. Tujukan untuk mereka yang menghalalkan segala cara dan lupa akhirat.
Begitu juga surah Asy-syuuroo ayat 20. Jangan ampe dipake buat ngelarang/ngalangin berdoa/ngarep sama Allah. Emang mau sama siapa lagi?

Hendaknya 2 ayat itu, al Isra: 18, dan Asy-syuuroo: 20, dibawa ke: jangan macem-macem di dunia, atau ketika kepengen dunia.
Jangan ngalangin yang perlu sama Allah, yang pengen dunia-Nya, yang ditempuh dengan cara-cara yang Allah sendiri Ajarin. Tapi jika berbeda pendapat, ya gpp juga.

Baca Qur'an, pengen hari ini berkah, banyak rizki, masa ga boleh?
Itu bukan niatan. Tapi doa. Masa doa ga boleh? Niatnya? Ya baca Qur'an.
Sedekah, pengen jodoh dibuka, rizki ditambah, dibales berlipat, kehindar dari bala, sehat, bisa punya kerjaan, dll., ini bukan niat. Tapi doa.
Semua amalan, membuat semua doa qt lebih memungkinkan dikabul malahan. Bukan justru malah menghalangi qt berdoa.

Jika sebelum sedekah boleh minta, lalu setelah sedekah ga boleh minta? Mending ga usah sedekah atuh. Toh sedekah malah ngalangin qt minta, iya kan? Ga gitu.
Yang paling pas, jika sebelum sedekah saja boleh meminta, harusnya apalagi setelah qt bersedekah. Tambah boleh lagi meminta. Ini sangat memotivasi.

Shalat malamlah, tar derajat naik. Hidup berubah. Lalu ada yang shalat malam dengan niatan begitu? Ini dia bahasa indonesia. Rancu.

Sebenarnya ketika dibilang: supaya derajat naik, hidup berubah, itu wilayah doa. Bukan niat. Niatnya? Ya niat shalat malam gimana emang?
Niat shalat malam: usholli sunnatat-tahajjud dst... Habis tahajjud, ya doa supaya begini begitu. Maka harusnya ga ada pertentangan.

Tapi ketika ada yang menyamakan niat dengan doa, maka inilah kemudian yang menimbulkan pertentangan.
Anak saya sakit, misal. Lalu saya sedekah, dengan niat supaya sembuh. Begitu? Ini salah? Duh, jahat banget. Masa doa dibilang salah.
Dan di situlah letaknya perbedaan. Saya tidak menganggap orang yang sedekah pengen anaknya sembuh sebagai salah niat. Tapi sebagai doa dia. Pada saat dia sedekah, walo dia ada doa untuk anaknya, maka dua-duanya amalan: sedekah dan doa, ya untuk Allah dan ke Allah.
Dimana ga ikhlasnya?

Tapi ke Allah, biasakan berani minta. Jangan ampe ada halangan. Harus minta malah. Harus ngarep. Kalo ke orang, baru tuh ga ikhlas. Baca Qur'an, shalat, sedekah, dipamer-pamerin. Ini sepakat. Ga ikhlas banget-banget. Riya. Sum'ah, pengen didenger.

"Tar kalo sedekah pengen dibalas, tar kecewa?"
Loh loh, su-udzdzan banget sih? Mula-mula barangkali dia akan kecewa. Tapi ini lantaran apa? Barangkali lebih karena ilmunya belum nyampe. Hikmahnya belum nyampe. Ajarin dong yang sudah bersedekah, dan beramal lain, untuk juga bersabar, baik sangka...

Bukan malah diajarin: jangan minta, jangan ngarep. Orang sudah ngarep, sudah minta, itu sudah bener. Susah loh membuat orang ngarep dan minta. Ajarin aja dia untuk bersabar, dan baik sangka. Jangan dipatahin. Kasian. Deketin sama Allah. Jangan malah dijauhin.

Apa yang saya sampaikan, boleh beda. Boleh banget. Barangkali sodara udah ga perlu dunia. Kalo saya, masih banget. Tapi apa saya gila dunia? Ga boleh merasa ada yang cukup juga dengan dunia. Dengan harta. Kalo dengan harta itu dia bisa berbuat banyak untuk agama Allah, untuk sesamanya, untuk berbagi. Dia, istrinya, anak-anaknya, mungkin cukup.
Tapi coba liat saudara-saudaranya, tetangga-tetangganya, kawan-kawannya. Nah, jika mereka masih butuh, itu tandanya saudara masih perlu lebih. Tapi lebihnya itu bukan untuk diri sendiri. Melainkan untuk yang lain juga.

Jadi boleh nih sedekah 1jt, ngarep 10jt? He he, ga boleh. Langsung ngarep aja 700jt atau kalo perlu 1M. Bilang sama Allah, kalo 10jt ga cukup.
Lah, Allah nya aja ga sewot, he he. Yang denger tuh doa malah sewot. Bilang sama Allah, saya perlu buat bangun rumah-rumah tahfidz, umrahin orang dll. Udah, jangan ragu-ragu minta sama Allah. Minta apa aja. Sendal copot pun, minta sendal baru sama Allah. Bukan cuma boleh. Tapi kudu bin harus.

Sekali lagi, boleh beda. Gpp... *kalem.

Nah, nanti mintanya jangan ampe hanya berenti di dunia, biar kata boleh. Yakni, minta juga nikmat beribadah, manisnya iman, ridha dan surga-Nya. Gitu Belajar juga ttg sabar dan baik sangka ketika berdoa. Supaya jangan nyalahin doanya. Atau nyalahin ngarepnya.

Allah aja sabar banget nunggu qt beramal, beribadah, meminta. Allah nunggu banget. Sampe qt datang. Masa qt ga mau bersabar ketika minta. Allah juga baik sangka POL ke kita, bahwa suatu saat kita akan kembali pada-Nya, sebelum kembali beneran. Nah, masa qt ga berbaik sangka sama Allah?

Niat ya niat. Doa ya doa. Kalo udah: supaya, maka supaya itu udah disebut doa. Bukan niat.
Eloe niatnya apa ketika dhuha? Pengen dibanyakkin rizki? Bilang, itu doa gue. Kalo niat gue: usholli sunnatadh-dhuha. Paham loe? He he he. Tapi mereka-mereka yang mau instant, lewat jalan haram, jalan salah, ketika pengen dunia, ini yang harus rame-rame qt hajar, qt benerin, qt doain.

Carilah akhirat, jangan lupakan dunia. Cari dunia, jangan lupakan akhirat. Top dah. Imbang. "Jangan minta-minta sama Allah. Jangan pengen dunia lalu ke Allah. Jangan ngarep-ngarep ke Allah." Yang beginian, ungkapan syetan. Kata guru saya.

1 sisi, syetan kayak ngedorong qt beribadah, bramal, hanya untuk-Nya. Tapi di sisi lain, syetan ngalangin qt untuk meminta. Sedang Allah senang diminta.
"Yaa Allah, minta 1M." Boleh ga? Ga boleh. Minta 2M aja. Yang 1M, buat saya, hi hi hi hi.
Kasih visi misi aja. Misal, ya Allah, minta mobil ya... InsyaaAllah dipake ngaji deh. Dipake nyari rizki halal. Dipake buat nyenengin emak dan bini.

Itu lbh keren lagi doanya. Ga berenti sampe mobil doangan. Tapi seribu kali pun berenti, gpp juga. Pake nama Allah kan? Itu udah ibadah. Bandingin: "Gue pengen mobil." Atau: "Saya pengen mobil nih." Tapi diucapinnya ke temennya, tanpa nyebut Allah. Ini ga jadi doa. Biasa aja.

Pengen 1M nih ya Rabb... Buat ngehajiin orang tua, mertua, sekalian saya dan istri, ngikut nganter. Nah, ini TOP.

"Pagi ini saya dhuha ya Allah... Yang lain malu, males, ga mau minta, saya mah bener-bener minta nih... Minta jodoh... Yang cakep, yang kaya..."

Boleh ga begitu? Aiiiiihhh... Makanya, kucek dulu mata, lempengin jempol, stalking dari awal tweet. Bukan hanya boleh. Tapi kurang.
Kurang apa? Kurang panjang doanya. Terusin aja... "... Yang saleh/salehah, yang punya duit buat ngelamar, buat pestanya... Dst"

Doa dikit, ama doa banyak, bagusan doa banyak. Doa pendek ama doa panjang? Bagusan doa panjang. Doa ama ga berdoa? Nah, jawab dah...

Ulama-Ulama, makin naik tingkatannya, bukan makin ga berdoa. Doanya yang naik kelas. Bukan buat dirinya, tapi buat ummat, buat alam, dll. Ulama-Ulama, makin naik kelas, bukan makin ga berdoa. Tapi makin ke akhirat saja doanya. Sedang minta akhirat itu, ya tetep doa dan ngarep. Cuma beda dengan qt.

Tinggal yang juga harus diperhatikan, pantaskan diri untuk dikabulkan. Pantaskan diri untuk menerima pengabulan dari Allah. Sesuaikan dengan doa.

Dhuha yuuuukkk... + 100 shalawat, 100 subhaanallaahi wabihamdih, 100 istighfar. Lakuin dulu. + doa bareng dari tempat masing-masing ya. Dan saling doa ya. Jangan lupa minta kaya sama Allah. Jangan malu-malu ah. Tapi minta jangan ampe lupa diri, jangan ampe maksiat, jangan ampe makan duit haram, dll. Cemungud!

Selamat beraktifitas. Salam buat keluarga, temen seangkot, sebus, sekereta, sekantor, sepasar, sekampus, sesekolah, sekampung, senegara, he3

Minta sama Allah, boleh. Maksa, jangan.

Yusuf Mansur
19 Agustus 2013

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Jaga Iman dan Akhlak

 Sahabatku iman yang paling baik adalah akhlak Dari sabda Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam, أَكْمَلُ المُؤْمِنِينَ إِيمَانًا أَحْسَنُهُمْ ...