Jumat, 16 Agustus 2013

Kunci Rumah Tangga Sakinah

Assalaamu alaikum wa rahmatullaahi wa barkaatuhu. 

Sahabatku kali ini kaji kita jus 21 surah Ar Rum ayat 21. 
“Dan di antara ayat-ayat-Nya ialah Dia menciptakan untukmu istri-istri dari jenismu sendiri, supaya kamu merasa nyaman kepadanya, dan dijadikan-Nya di antaramu mawadah dan rahmah. Sesungguhnya pada yang demikian itu benar-benar terdapat tanda-tanda bagi kaum yang berpikir”. 
Ini sering kita dengar saat khutbah nikah disampaikan. Dan diantara hikmahnya mengandung kunci RUMAH TANGGA SAKINAH, 

1. Pilihlah pasangan hidup "min amfusikum" yang seaqidah, 
"Dan janganlah kamu nikahi wanita-wanita musyrik, sebelum mereka beriman. Sesungguhnya wanita budak yang mukmin lebih baik dari wanita musyrik, walaupun dia menarik hatimu. Dan janganlah kamu menikahkan orang-orang musyrik (dengan wanita-wanita mukmin) sebelum mereka beriman. Sesungguhnya budak yang mukmin lebih baik dari orang musyrik walaupun dia menarik hatimu. Mereka mengajak ke neraka, sedang Allah mengajak ke surga dan ampunan dengan izin-Nya" (QS al Baqorah 221). 
2. Yang dicintai karena Allah, inilah pilihan yang membahagiakan, semua menjadi indaaaaaaah sekali, 

3. Satu visi misi dalam hidup, sungguh sulit bahagia kalau berbeda aqidah, tidak dicintai atau beda visi misi. Misalnya suami sangat tekun ibadah, istri sangat malas ibadah atau sebaliknya, istri dermawan, suami pelit amat atau sebalikna, 

4. Saling memahami, saling menghormati, saling mendukung, saling mendoakan. 

SubhanAllah inilah rumah tangga yang menghadirkan "litaskunuu ilaiha" sakinah mawaddah wa rahmah, tenang, senang, bahagia, "Syurga sebelum Syurga". 

Allahumma ya Allah kami mohon di bulan Ramadhon ini bagi sahabat kami yang belum menikah, hadirkan baginya pasangan yang membahagiakannya karenaMu, dan bagi kami yang berkeluarga jadikanlah rumah tangga kami "baity jannaty" rumah tanggaku syurgaku...aamiin. 

K. H. Muhammad Arifin Ilham 
30 Juli 2013

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Jaga Iman dan Akhlak

 Sahabatku iman yang paling baik adalah akhlak Dari sabda Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam, أَكْمَلُ المُؤْمِنِينَ إِيمَانًا أَحْسَنُهُمْ ...