Senin, 05 Agustus 2013

Puasa Itu Ibadah "Sirr"

Assalaamu alaikum wa rahmatullaahi wa barkaatuhu.

Sahabatku, puasa mengajarkan keikhlasan, berbeda dengan selain puasa dapat disaksikan dan didengar, seperti syahadat ada ucapan ikrar, sholat ada gerak dari takbir sampai salam, zakat ada aksi pemberian dan haji ada ritual manasik. Sedangkan Puasa tidak dapat disaksikan dan didengar. Puasa itu ibadah "sirr" rahasia antara hamba dengan Kholiqnya (QS al Bayyinah 5).

Allah berfirman, "Puasa itu untukKu dan Akulah yang menilainya" (hadist Qudsi), sungguh itu yang membuat kita mau lapar, mau haus, mau mengendalikan diri dalam taat siang malam selama Ramadhon, bahkan kita sibukkan diri kita dengan buka puasa bersama, tarawih, berjamaah di mesjid, tadabburul Qur'an, sedekah, shilaturrahim, duduk ngaji Ilmu dsb, sungguh semua kita lakukan karena benar benar kita ingin ridho dan cinta Allah, SubhanAllah.

"Allahumma ya Allah ampunilah semua dosa kami, terimalah amal ibadah kami dan jadikanlah kami diantara hambaMu yang Kau ridhoi...aamiin".


K. H. Muhammad Arifin Ilham
17 Juli 2013

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Jaga Iman dan Akhlak

 Sahabatku iman yang paling baik adalah akhlak Dari sabda Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam, أَكْمَلُ المُؤْمِنِينَ إِيمَانًا أَحْسَنُهُمْ ...