Rabu, 07 Agustus 2013

Dhuha

...Kalau masih di langit, turunin...
Islam selalu ngajarin 2 sisi... Dunia, akhirat. Akhirat, dunia. Lengkap. Ada mikir, ada bertindak. Ada ajaran, ada contoh...

Doa dhuha, kalau masih di langit, tolong turunin, bermakna pula, panjat. Naik. Jangan juga nunggu turun tuh rizki.

Bismillaah dulu gih dah... Yang bener. Jangan selewatan. Pejemin mata, tarik dan lepas nafas yang rileks. Trus bismillaah...

... Bila rizki masih di bumi, keluarin... Ini bukan artinya hanya jongkok, lalu nungguin tuh rizki keluar. Gali. Pacul. Tanam.
Kalo masih jauh, tolong deketin... Boleh juga dimaknai, kejar. Deketin diri dengan rizki. Jangan menunggu. Untuk bergerak beraktifitas, berproduksi, produktif. Jangan diem.

Tapi semua Allah ajarkan soalan Tauhid. Ngasih tau, jangan lupakan Allah. Sebab semuanya tergantung dan bergantung Allah.

Pas manjet, untuk ngejar rizki yang di langit, yang di atas, emangnya ga bisa jatuh? Kan bisa jatuh. Karena itu perlu Allah.
Pas ngejar rizki yang jauh, emangnya ga bisa kesasar? Kan bisa aja kesasar. Bisa tambah jauh. Bukan tambah deket. Karenanya perlu Allah.
Ketika ngegali, nanem, macul, emangnya ga bakal ketemu sandungan? Dalemnya juga ga tau seberapa dalemnya. Perlu Allah karenanya.
Ketika ngebanyakin yang sedikit, banyak koq yang akhirnya habis. Makanya libatin Allah. Biar ga kejedot-kejedot.

Allah kasih statement, bahwa baik di atas di bawah, jauh dekat, di dalam di luar, banyak sedikit, semua Milik-Nya.
Kita kejar, tapi kita pasrah. Kita kejar, tapi kita sabar. Kita kejar, tapi kita ga jauh, apalagi melupakan Allah.

Innadh-dhuhaa-a, dhuhaa-uka...
Itu artinya...?
Semua adalah Milik-Mu.

Banyak yang sombong, sebab disangkanya bisa tanpa Tuhan. Semua hasil kerjaannya, usahanya, keringatnya. Lupa dia sama Allah.

Innal jodoha, jodohuka. Butuh jodoh, cari, kejar, minta, itu jodoh. Tapi kudu tau, jodoh, punya Allah. Kalo udah ada jodohnya, ikutin maen Allah. Ga ada OJJ soalnya. Otoritas Jasa Jodoh, he he he...
OJA, Otoritas "Jasa" Allah. Jodoh, yang ngasih Allah. Allah bilang, jangan dicolek, eh eh eh, kita malah bertindak lebih. Nah, ini ga dhuha namanya. Ga ngakuin bahwa jodoh itu, milik Allah. Sampe kemudian halal dengan akad nikah. Allah menghalalkan apa saja setelahnya.

Ustadz Yusuf Mansur
19 Juli 2013

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Jaga Iman dan Akhlak

 Sahabatku iman yang paling baik adalah akhlak Dari sabda Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam, أَكْمَلُ المُؤْمِنِينَ إِيمَانًا أَحْسَنُهُمْ ...