Rabu, 21 Agustus 2013

Ramadhan

Assalaamu alaikum wa rahmatullaahi wa barkaatuhu.

Ramadhon bermakna pembakaran or pembersihan. Sampah dibakar untuk dibersihkan, kalaupun yang dibakar baik, tentu untuk lebih baik, besi dibakar untuk jadi palu, pisau dan sebagainya. Kalau pembakaran memakan waktu lama, lahirlah tehnologi canggih, mobil, pesawat dan sebagainya. Demikian halnya kita diromadhonkan Allah bukan sehari, bukan sepuluh hari tetapi maksimal sebulan. Karena Allah ingin mencetak hamba yang beriman itu menjadi PRIBADI CANGGIH yaitu PRIBADI BERTAQWA (QS al Baqorah 183).

Melalui proses shoum di siang hari, pengendalian diri dalam taat, qiyamullail tarawih di malam hari, dihiasi dengan tadabbarul qur'an, ifthor jam'i, zakat fitroh dan sabagainya. Hadiahnya sangat mengembirakan, Rasulullah bersabda, "Barang siapa puasa Ramadhon karena iman dan semangat memperbaiki dirinya, maka Allah ampuni dosa-dosanya yang lalu-lalu".

Bahkan Rasul mengkhabarkan berita gembira di saat lebaran, "Mereka seperti bayi yang baru dilahirkan ibunya". Allahu Akbar kembali suci "minal aaidiina" dan semangat bertaqwa "wal faaidziin".

Allahumma ya Alah ampunilah seluruh dosa kami, terimalah amal ibadah kami dan jadikanlah Ramadhon ini, Ramadhon hijrah bagi kami, tidak berbuat ma'siyat lagi, tidak berbuat zholim lagi...taubatan nashuhan...aamiin.
Silahkan sebarkan berita gembira ini duhai sahabatku tercinta.

K. H. Muhammad Arifin Ilham
6 Agustus 2013

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Jaga Iman dan Akhlak

 Sahabatku iman yang paling baik adalah akhlak Dari sabda Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam, أَكْمَلُ المُؤْمِنِينَ إِيمَانًا أَحْسَنُهُمْ ...