Selasa, 06 September 2016

Anak

Assalaamu alaikum wa rahmatullaahi wa barkaatuhu.

SubhanAllah anak kita bukan hanya anak biologis, tetapi anak-anak santri, anak-anak yatim piatu or anak siapapun yang diamanahkan Allah kepada kita. Karena itulah Rasulullah menyebut ta'kala bani Adam wafat ada 3 amal yang mengalir, sedekah jariyah, ilmu yang bermanfaat, dan "waladun sholehun" anak sholeh yang mendoakannya.
Perhatikan kata "waladun", bukan "ibnu" anak kandung, tetapi "waladun" anak, anak siapa saja yang kita didik sholeh lalu mendoakannya, maka mengalirlah pahalanya untuk pendidiknya.


Masih ingat pekan lalu arifin mengajak siapa diantara santri yang berpuasa, "Anak-anakku sayang siapa diantara kalian yang hari ini berpuasa sunnah, silahkan duduk bersama abi (panggilan santri untuk arifin) buka puasa dan makan bersama abi". Dan hanya ada 6 santri yang berpuasa, dan kini senin hari ini arifin berbuka puasa, bukan lagi dengan 6 santri tetapi dengan semua santri berpuasa. Sungguh ajakan yang penuh KASIH SAYANG dengan KETELADANAN akan cepat diikuti dengan semangat untuk mengamalkannya.



SubhanAllah sekali lagi bahwa anak-anak kita mudah meniru. Sebagai guru, orang tua bukan hanya memberi contoh tetapi menjadi contoh. Da'wah DILIHAT lebih kuat pengaruhnya dari da'wah didengar. "So make a white and nice image every chance", kesan indah yang menjadi kesan panjang untuk generasi kita. Itulah AKHLAK JAARIYAH yang mengalir panjang walau kita sudah wafat.

Dan buah terindahnya kelak mereka akan menjadi pemimpin rumah tangga, organisasi, perusahaan, hatta negara sekalipun, mereka PEMIMPIN TELADAN yang penuh kasih sayang. Berkah umat mulia ini, berkah pula negeri tercinta ini.


Allahumma ya Allah berkahi negeri kami dengan generasi Robbani teladan yang penuh kasih sayang...aamiin.

Foto saat berbuka senin lalu dan senin hari ini.



K. H. Muhammad Arifin Ilham
5 September 2016

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Jaga Iman dan Akhlak

 Sahabatku iman yang paling baik adalah akhlak Dari sabda Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam, أَكْمَلُ المُؤْمِنِينَ إِيمَانًا أَحْسَنُهُمْ ...