Minggu, 25 September 2016

Persahabatan Hakiki

Sahabat Sholehku
Assalaamu alaikum wa rahmatullaahi wa barkaatuhu.

"Hubban Iimaanan”, adalah sebuah ikatan persahabatan yang lahir batin, tulus saling cinta dan sayang karena ALLAH, saling menolong, menasehati, menutupi aib sahabatnya, memberi hadiah, bahkan diam-diam di penghujung malam, ia doakan sahabatnya.
Boleh jadi ia tidak bertemu tetapi ia cinta sahabatnya karena Allah Ta’ala. InsyaAllah seperti persahabatan kita via FB, kita jarang bahkan tidak pernah bertemu, saling berjauhan, tetapi hati kita saling cinta dan rindu karenaNya, dan kita ingin sekali bertemu. Inilah persahabatan yang indah.

SubhanAllah, Islam agama yang tidak terikat oleh teritorial geografis, rasis nasionalisme, partai materialistis, kepentingan apapun harta darah keturunan, yang mengikat kita adalah keimanan kita, saling cinta kita karena Allah.

Sungguh hanya ikatan persahabatan yang dilakukan karena Allah itulah persahabatan hakiki, 
"Sesungguhnya hanya hamba-hamba beriman bersaudara" (QS Al Hujarat 10),
"Teman-teman akrab pada hari itu (Qiyamat) menjadi musuh bagi yang lain, kecuali persahabatan karena Ketaqwaan” (QS Az Zukhruf 67)
Di riwayatkan, bahwa: 
Apabila penghuni Syurga telah masuk ke dalam Syurga, lalu mereka tidak menemukan sahabat-sahabat mereka yang selalu bersama mereka dahulu di dunia, mereka bertanya tentang sahabat mereka itu kepada Allah Subhaanahu wa ta'ala ...
"Yaa Rabb...Kami tidak melihat sahabat-sahabat kami yang sewaktu di Dunia, Shalat bersama kami, Puasa bersama kami dan berjuang bersama kami",
Maka Allah SubhanAllah wa Ta'ala berfirman: "Pergilah ke neraka, lalu keluarkan sahabatmu yang di hatinya ada Iman walaupun hanya sebesar dzarrah" (HR Ibnul Mubarak dalam kitab "Az-Zuhd).


Al-Hasan Al-Bashri berkata:
"Perbanyaklah Sahabat-sahabat Mu'min-mu, karena Mereka memiliki Syafa'at pada hari kiamat."


"Karuniakanlah kepadak kami sahabat-sahabat yang selalu mengajakku untuk tunduk, patuh dan taat kepada Syariat-Mu...Kekalkanlah persahabatan kami hingga kami bertemu di akhirat nanti dengan-Mu... Jangan tumbuhkan di hati kami untuk mencintai musuh-musuh-Mu dan musuh-musuh Rasul-Mu. Dan semoga Allah mengumpulkan kita di akhirat kelak dalam rahmat dan Jannah Firdaus-Nya...aamiin Allahumma Aamiin".

Jazaakumullah duhai sahabat sholehku, sahabat da'wahku yang kucintai karena Allah.

Sahabatmu Muhammad arifin ilham

K. H. Muhammad Arifin Ilham
24 September 2016

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Jaga Iman dan Akhlak

 Sahabatku iman yang paling baik adalah akhlak Dari sabda Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam, أَكْمَلُ المُؤْمِنِينَ إِيمَانًا أَحْسَنُهُمْ ...