Rabu, 10 September 2014

Kematian Selalu Mengincar Kita Dan Kadang Datang Secara Tiba-Tiba

Assalaamu alaikum wa rahmatullaahi wa barkaatuhu. 

Sahabatku, hidup di dunia ini adalah kesempatan satu-satunya dan terakhir kalinya. Sungguh setiap detik yang berlalu "lan tarjial ayyamullati madhot" tidak akan pernah mampu kita ulangi lagi. Padahal kita akan hidup di akhirat selama-lamanya, dan waktu untuk mengumpulkan bekal di akhirat terlalu sebentar, Lantas bisakah main-main? 

Sahabatku, sekali gagal dalam kesempatan ini maka akan gagal selamanya. Ingat, bahwa menyesal di akhirat tidak ada gunanya. Kalau ingin menyesal, sekarang mumpung hidup masih ada.

Ingat! Kematian mengincar kita selalu, dan kadang datang secara tiba-tiba! 

So takutlah pada Allah, jangan nekat ma'siyat, terlalu besar resikonya kelak

INGAT! TIDAK ADA YANG TIDAK ADA KAFARATNYA, SEMUA PASTI ADA BALASANNYA.

Karena itu, mulailah hidup keseharian kita dengan bangun sholat malam, berazamlah hidup dalam Sunnah Rasulullah, dan rendahkanlah hati kepada saudara-saudara kita.
Dan jadikanlah dunia ini ladang amal, ladang ibadah, ladang da'wah, ladang muhasabah diri, ladang fastabiqul khoiroot, berlomba-lomba dalam perbaikan dan kebaikan. Sehingga suatu saat kematian datang "baghtatan" sekonyong-konyong kita siap menyambutkan karena kita STAND BY SELALU DALAM TAAT.

SubhanAllah walhamdulillah almarhum tercinta abuya Tengku Djamaluddin telah mencontohkan kepada kita wafat terindah. Beliau tunaikan sholat isya, masih dalam berwudhu, menghadap qiblat, sempat berwasiat waris dibagi sesuai Syariat Islam, dikuburkan di kuburan pesantren, minta anak tertua laki laki yang memandikan dan imam sholat jenazah, lalu minta para santri senior untuk membaca Alqur'an, diiringi zikir sholawat dengan akhir nafas menyebut lafadz Allah, senyum di malam jum'at menghadap Allah, dan sungguh muka beliau setelah wafat tampak sekali lebih muda dari usia almarhum, bersih dan menyenangkan, semoga insyaAllah husnul khotimah.

Allahumma ya Allah tanamkan di hati kami kelezatan iman, hiasilah hidup kami dengan kesenangan ibadah dan kemuliaan akhlak, dan selamatkan kami dari semua fitnah kehidupan dunia akhirat...dan wafatkan kami husnul khotimah, aamiin.... aamiin. 

Sebentar lagi adzan subuh undangan Allah untuk berjamaah di RumahNya.

K. H. Muhammad Arifin Ilham
9 September 2014


Diperbarui 22 Juli 2016

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Jaga Iman dan Akhlak

 Sahabatku iman yang paling baik adalah akhlak Dari sabda Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam, أَكْمَلُ المُؤْمِنِينَ إِيمَانًا أَحْسَنُهُمْ ...