Kamis, 03 Juli 2014

Anta Ma Taquulu

SubhanAllah sungguh "anta ma taquulu" engkau apa yang kau katakan, "tiada kalimat mulia kecuali dari hati yang mulia, tiada kalimat hina kecuali dari hati yang hina pula". Karena itulah kalimat yang keluar dari lisan hamba yang bertaqwa adalah kebenaran, kemuliaan, kesantunan dan kasih sayang,
“Hai orang-orang yang beriman, bertakwalah kamu kepada Allah dan ucapkanlah perkataan yang benar, niscaya Allah memperbaiki bagimu amalan-amalanmu dan mengampuni bagimu dosa-dosamu. Dan barangsiapa mentaati Allah dan Rasul-Nya, maka sesungguhnya ia telah mendapat kemenangan yang besar” (QS. Al-Ahzaab: 70-71).

Sebaliknya yang keluar dari lisan hati yang kotor, kalimat hujatan, sumpah serapah, penuh dengan caci makian, dan itulah gambaran dirinya. Rasulullah mengingatkan, "Barang siapa yang sungguh-sungguh beriman kepada Allah dan Hari Akhirat, hendaklah ia berkata baik, kalau tidak diam!". Diam itu emas, tetapi bicara baik itu berlian, alangkah indahnya cincinnya emas yang bermahkotakan berlian itu, itulah lisan dan pribadi mu'min itu.

Sebarkan percikan hikmah ini sahabatku, agar anak-anak kita, keluarga kita dan umat negeri yang tercinta ini membudayakan kalimat santun penuh kedamaian dan kasih sayang.

"Allahumma ya Allah, tanamkan di hati kami kekuatan iman dan keindahan lisan...aamiin".

K. H. Muhammad Arifin Ilham
2 Juli 2014

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Jaga Iman dan Akhlak

 Sahabatku iman yang paling baik adalah akhlak Dari sabda Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam, أَكْمَلُ المُؤْمِنِينَ إِيمَانًا أَحْسَنُهُمْ ...