Senin, 07 Juli 2014

Rajin Baca

Kenapa al Faatihah, nempel buanget hafalannya?

Salah 1 jawabannya, dengan izin Allah, kita sering baca, banyak baca, al Faatihah. Jika seseorang baligh umur 10, mulai shalat umur 10, dan sekarang umur 20, dan dihitung hanya yang wajib, 62.050x dia baca al Faatihah.

Pegimana ga nempel nih al Faatihah? Banget-banget nempelnya. Itu dihitung hanya 17 rokaat sehari semalam. Yang fardhu saja.
Kalo dia rajin shalat sunnah? Nembus 100 ribu x baca kali. Itu kalo dia umurnya 20. Kalo 40? 186.150x baca al Faatihah.
Itu udah dipotong masa mulai baligh. Alias umur 10 tahun ke bawah dianggap ga pernah baca sama sekali. Padahal kan ga gitu. Sejak kecil, bahkan sejak dalam kandungan, kita sudah mendengar al Faatihah dan relatif terus-terusan denger dan ikut baca al Faatihah sejak kecil.

Maka jika mengacu pada teori al Faatihah ini, ngafal itu memang mudah. Bahkan "ga usah" keringetan dan ngotot ngafal. Baca aja.
Tapi bacanya yang banyak. Berulang-ulang. Tar juga hafal dengan sendirinya. Untuk permulaan, coba sebaris baca 40x. Santai aja.
Dibuat santai bacanya. Sambil liat-liat artinya. Buka-buka tafsirnya. Beli dah kitab tafsir terjemahan. Baca banyak dan ulang berulang. Tar tau-tau hafal sendiri. Dan bener-bener dibuat santai. Ga perlu kayak kejar setoran. Dinikmati ngafal itu. Secara bisa dan boleh baca aja, adalah nikmat. Dan anggap aja kayak ngumpulin sesuatu yang lebih besar dan lebih mahal dari emas.

Tiap huruf kan berpahala 10x, 700x sampai dengan tak terhingga. Setiap hurufnya menjelma jadi apaan tau dari kenikmatan dunia akhirat.

Bayangin jika kita baca per baris 40x? Berapa huruf tuh yang dibaca? Sebaris bisa 50 huruf. Dikali 700? Dikali 40? Wow...

Supaya hafal, selain baca tartil halaman per halaman, juz demi juz, coba deh ikutin cara TL ini. Hingga wafat dalam keadaan Haafidz.

Ustadz Yusuf Mansur
6 Juli 2014

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Jaga Iman dan Akhlak

 Sahabatku iman yang paling baik adalah akhlak Dari sabda Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam, أَكْمَلُ المُؤْمِنِينَ إِيمَانًا أَحْسَنُهُمْ ...