Jumat, 13 September 2013

3 Hak Saudara Mu'min

Assalaamu alaikum wa rahmatullaahi wa barkaatuhu.

Simaklah KALAM ALLAH ini dengan IMAN, 
"Hai orang-orang beriman, jauhi prasangka kecurigaan, karena sebagian besar prasangka kecurigaan itu adalah dosa, dan janganlah mencari-cari keburukan orang, dan janganlah mempergunjingkan satu sama lainnya, adakah seorang diantara kamu yang suka memakan daging saudaranya yang sudah mati? Maka tentulah kamu merasa jijik kepadanya, dan bertawakkallah kepada ALLAH, sesungguhnya ALLAH Maha Penerima Taubat lagi Maha Penyayang" (QS. al Hujarat:12).
RASULULLAH bersabda, "Almu'minu miratul mu'mini", seorang mu'min adalah CERMIN bagi mu'min lainnya. Seorang mu'min adalah SAUDARA bagi mu'min lainnya. Ia harus menjadi PENOPANG dari ketidakberdayaannya dan menjadi MOTIVATOR dibelakangnya" (HR Abu Daud & Al Bukhori). 

Seorang sahabat bertanya, "Ya Rasulullah, Muslim manakah yang terbaik?", Rasulullah menjawab, "Yaitu kaum muslimin yang lain selamat dari ucapan dan perbuatan". 

Yahya ibnu Muadz arRqzi berkata, "Berikan tiga hal yang menjadi hak saudara mu'minmu, 
1. Jika tidak mampu memberi manfaat untuknya, jangan pernah mencelakakannya, 
2. Jika tidak mampu membahagiakannya, jangan membuatnya bersedih, 
3. Jika tidak mampu memujinya karena kemuliaan akhlaknya, jangan pernah mencela dengan mempergunjingnya."

Karena itu SAYANGILAH SEMUA MU'MIN & RENDAH HATILAH pada mereka, sahabatku! (QS asy Syuara:215).
Inilah yang membuat ISLAM menjadi AJARAN TERMULIA karena menjunjung tinggi KASIH SAYANG, KEHORMATAN, PERSAUDARAAN & KEMULIAAN AHKLAK, sahabatku.

Semoga aku Muhammad Arifin ilham dan  kalian sahabat Muslimku, walau kita tidak bertemu langsung, ALLAH AL JAAMI', ALLAH himpun hati kita, ALLAH persaudarakan kita dunia akhirat dalam RIDHO & RAHMATNYA...aamiin. 


"Allahumma ya Allah jadikanlah kami bersaudara karenaMU, saling cinta, saling memperhatikan, saling menasehati, saling doa, saling tolong menolong karenaMU...aamiin".  

Jangan lupa sebelum rehat malam ini berwudhu, berdoa, berzikir sampai tertidur dan berazam untuk sholat malam, duhai sahabat sahabat sholehku.

Foto bersama imam dan para sahabat, Subuh di mesjid.

K. H. Muhammad Arifin Ilham
29 Agustus 2013
 


Diperbarui 8 November 2014

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Jaga Iman dan Akhlak

 Sahabatku iman yang paling baik adalah akhlak Dari sabda Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam, أَكْمَلُ المُؤْمِنِينَ إِيمَانًا أَحْسَنُهُمْ ...