Selasa, 17 September 2013

Birrul Walidain

Amal yang hebat, dan ada di rumah, yakni: birrul walidain. Benar-benar berbuat baik ke ortu. Jaga mulut dan sikap. Nurut, ngebantu dan ngebahagiain beliau-beliau.

Jangan pernah bilang: ah mamah nih... ah ibu nih... ah emak nih... Atau apa panggilan untuk beliau. Juga terhadap ayah. Sebaiknya jangan pernah nunjukin muka masam, muka sepet, muka sebel, muka ga enak diliat. Sebisa mungkin kalo pun kesel ama kelakuan ortu, maafin.
Apalagi kalo bukan karena kelakuan ortu, yakni cuma qt yang ga seneng dikasih tau, dinasihatin. Wuh, jangan dah. Bisa susah di dunia dan akhirat. Sebaiknya jangan ampe disuruh, kerjain kerjaan-kerjaan rumah: nyapu, ngepel, nyuci piring, pakean, motor, mobil. Itu jalan buat hidup senang.

Sebisa mungkin jangan ambil duit ortu, tanpa bilang-bilang, walo ortu ga tau. Klo ga dikasih, jangan marah-marah. Ngambil duit orang lain aja ga boleh, apalagi ortu. Saban habis shalat, doain bener-bener ortu. Doanya jangan doa hafalan saja. Kudu doa yang bener-bener diperlukan ortu.

Dahulukan kepentingan ortu, daripada kepentingan kita-kita anaknya. Sampe ke urusan makan minum dan jalan. Jangan ngeduluin, jangan ngelangkahin.

Kalo ribut dengan ortu, kudu ambil posisi yang ngalah, yang maafin, yang mahamin, yang ngertiin. Jangan munculin ego ke ortu.

Sering-sering hadiahin faatihah buat ortu, baik habis shalat, atawa kapan aja. Dibanyakin. Doa buat orang lain aja keren banget. Apalagi buat ortu.

Mertua juga ortu. Paman, bibi, juga ortu. Kakek nenek juga disebut ortu. Guru juga ortu. Guru sekolah, guru madrasah, guru ngaji...

Jangan ngomongin ortu. Kecuali kebaikannya. Jangan skali-kali ngomongin. Dan karena guru juga ortu, dan ustadz adalah juga guru, maka jangan juga begitu ke ustadz, he he....

Banyak-banyak minta doa ke ortu. Banyak-banyak bersedekah ke ortu. Tanpa melupakan bahagian yang berhak lainnya. Gedein aja jatah sedekahnya. Supaya bisa bagi-bagi.

Jangan nyelonong begitu aja, padahal ortu ada di rumah. Izinlah sama beliau. Walo itu cuma keluar rumah buat beli pulsa. Sambil minta duitnya, he he....
Pokoknya jangan ampe ortu nyari-nyari. Ini pantangan banget. Pantangan bikin ortu susah. Sebaiknya pamit, kasih tau, walo hanya pergi ke pekarangan.

Jangan kesel sama ustadznya. Jangan marah-marah ga keruan. Klo ada yang ga sependapat, doa aja, baik sangka aja. Tapi tegur baik-baik boleh. Ustadz juga ortu, he he.

Jangan ampe berkata kasar. Walo sekedar, "Mamah nih..." "Papah nih..." "Ayah ibu mana ngerti sih urusan anak muda." Jangan ya.

Sebaiknya ga pernah melengos, atau memalingkan muka dari ortu. Kalo diajak bicara, kudu nunjukin perhatian dan rasa senang. Kudu banyak waktu buat ortu. Kalo udah ga adanya, bakal nyesel minta ampun.

Ucapin sering-sering, sebagai doa dan niat. Saya kudu jadi anak saleh/salehah. InsyaaAllah ditegor bapaknya: "Kamu kan anak Pak Shomad!" He he he....
Ya, kudu sering-sering ucap, sebagai doa dan niat, "Saya kudu jadi anak yang berbakti, yang nyenengin ortu, biar dapet doa dan ridhonya."

Doain ibu saya, dan semua orang-orang tua saya ya. Salam hormat. Dan banyak-banyak saya mohon maaf, belum bisa nyenengin dan belum manfaat bagi kawan-kawan semua.

Ustadz Yusuf Mansur
6 September 2013

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Jaga Iman dan Akhlak

 Sahabatku iman yang paling baik adalah akhlak Dari sabda Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam, أَكْمَلُ المُؤْمِنِينَ إِيمَانًا أَحْسَنُهُمْ ...