Selasa, 10 September 2013

Ridho

Pagi sore, ada zikir: Rodhiitu billaahi robbaa, wabil Islaami diinaa, wabimuhammadin nabiyyaa. 1 atau 3x baca.

Jika kita baca itu, pagi dan sore, ba'da shubuh dan ba'da ashar, atau ga jauh dari itu, maka Allah akan Ridho ke kita.

Diharapkan kawan-kawan ngerti juga filosofinya. Supaya ga sekedar baca. Buat yang belum paham, baca aja dulu. Dawamin. Biasain. Mudah-mudahan diberi paham. Lantaran biasa baca, Allah bukakan kepahaman dari-Nya. Coba biasain dah. Tapi baik, saya kasih sedikit filosofinya, hikmahnya.

Segala apa yang terjadi, sepegetahuan-Nya, seizin-Nya, dan menjadi bagian bagi Kehendak-Nya.
Di antara yang wajib qt imani juga adalah Ketetapan-Nya, Keputusan-Nya. Semua ini kita kudu ridho. Ridho terhadap apa yang terjadi. Ga semua orang bisa ridho terhadap apa yang terjadi. Terutama bila hal itu dianggap buruk olehnya, menyakitkan, menyusahkan, merugikan.

Dulu saya berpikir, koq gampang amat dapat ridho Allah. Baca ini aja 1 atau 3x, pagi sore, maka dapat ridho Allah... Tapi begitu udah gedean, udah bersentuhan dengan dinamika, ga mudah emang untuk ridho. Perlu ilmu, kepahaman, pengertian dan hikmah.

Seorang yang malamnya kehilangan mobil, apa bisa ridho?
Sedang dia tau, bahwa ga akan hilang, kecuali dengan izin-Nya, sepengetahuan-Nya?
Apalagi tuh hilangnya, habis ditawar semalamnya, dengan harga bagus. Gara-gara nahan sebentar, eh malamnya hilang?
Bisa ga ridho?
Apalagi asuransinya ya habis. Ga diperpanjang. Alias, dah ga ada dah yang ngeganti. Habis diganti bannya pula, baru semua. Habis diganti sound mobil + tv nya pula. + habis disteam, habis ditune-up, habis diganti jok kulit. Siap dipasarkan dengan harga tinggi. Makin berderet ketidakridhoan jadinya. Ga mudah akhirnya membaca: rodhiitu billaahi robbaa... Yaa Allah, saya ridho... Baca rodhiitu billaahi robbaa wabil-islaami diinaa, wabimuhammadinnabiyyaa, akan membuat Allah bikin lapang juga hati, dada.

Buat yang pernah ngerasain sesek dada, sakit hati, kecewa, galau, tentu tau betapa mahal nikmat yang namanya: nerima, pasrah, tenang. Juga nikmat yang namanya: Percaya. Iman. Percaya bahwa pasti ada maksud Allah yang super baik buat kita di ke depan hari.

Misal, dah berjadwal, bahwa besok bakal dibayar. Tapi takdir, barisan perampok udah siap ngambil duit itu + nyawa keluarga. Yang jika takdir itu diloloskan Allah, maka harga 7x mobil itu jadi ga ada artinya. Karena itu, perlu baik sangka, husnudzdzon.

Ilmu, berbalut pengalaman, akan jadi hikmah. Dan bayangkan, yang kita ridhoi adalah Perlakuan Allah. Ini kan TOP banget.

Saudara percaya sama saya saja, ridho sama saya, dengan segala rencana saya , cita-cita saya , untuk IndonesiaBerjamaah, saya senang. Terlebih-lebih lagi Allah. Saudara yang gak senang, banyak nanya, dalam pengertian, bukan pengen tau, tapi pengen rame, kalo ga kalem-kalem, dah kesel. Nah...

... Nah, kita sering ga seneng dengan Perbuatan Allah ke kita, buruk sangka, banyak nanya: why begini, why begitu, why me?
Padahal kalo ridho, ikut ngalir dengan ikhlas, maka Allah akan aturkan yang terbaik buat kita. Mobil bakal diganti dengan yang lebih baik.

Ridho itu amalan hati, pikiran, perasaan. Dan itu luar biasa amalan ini. Bisa mendatangkan keridhaan Allah. Allahu akbar!
Ini baru Rodhiitu billaahi robbaa loh... Belom 2 kalimat yang lain: wabil-islaami diinaa dan wabimuhammadinnabiyyaa...

Kita suka anggap Islam ini beban. Ajaran Nabi, beban. Berat banget buat ngelaksanain kewajiban-kewajiban dalam Islam dan sunnah-sunnah Rasul. Itu namanya ga ridho. Kalo ridho, enteng. Kalo perlu, tuh umumin di pintu. Buat maling mobil semalam...

Yth... Bapak/Ibu maling, ada ban dan pelek ori nya yang belum diambil, +dvd dan tv bekas, + kunci mobil. Silahkan ambil...

Sekarang baca aja dulu ini wirid sore yang rodhiitu billaahi robba... 3x... Selamat mencoba ya. Semoga lebih meresap setelah tau.

Percayalah, ga ada Perlakuan Allah, Perbuatan Allah, Kehendak Allah, Keputusan dan Ketetapan Allah, yang ga baik. Semuanya the best.

Selamat afternoon... Good sore... Salam sayang untuk saudara-saudara semua yang saya sayangi karena Allah. Wassalaamu'alaikum wr wb.

Ustadz Yusuf Mansur
26 Agustus 2013

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Jaga Iman dan Akhlak

 Sahabatku iman yang paling baik adalah akhlak Dari sabda Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam, أَكْمَلُ المُؤْمِنِينَ إِيمَانًا أَحْسَنُهُمْ ...