Senin, 30 September 2013

Safar

Buat yang pada di busway, motor, mobil tua, jalan kaki, bila ingin perbaikan hidup, pergi baca bismillaah, pulang alhamdulillaah.

Supaya apa?
Supaya bepergiannya, dihitung ibadah. Kemudian jaga 5 waktu, tepat waktu, + sunnah-sunnahnya. Jaga mulut juga dan jaga telinga. Lalu berdoalah. Doa di saat safar/bepergian, yang dihitung ibadah, uuuuggghhh, doanya maqbul banget. 2-3 bulan, 6-7 bulan, 1-2 tahun, terus-terusan berdoa minta perbaikan dan perubahan hidup, bakal terjadi benar-benar. Tapi ya itu, lakukan secara kontinue.

Ga semua bisa tahajjud. Ga semua bisa sedekah gede, ga semua bisa dhuha. Apalagi disiplin. Tapi rata-rata kan semuanya bepergian. Bepergian, dari rumah, menuju tujuan masing-masing: kantor, pabrik, rumah, kampus, sekolah, dll. Maka sesungguhnya, it's kesempatan. Kesempatan buat berdoa benar-benar. Dan dihitung pula itu semua sebagai ibadah. Macet, nunggu busway datang, kepanasan, bau ketek, semuanya jadi indah.

I was begitu. Ai wes laik det. I did itu. Ai didit. Saya lakukan itu. Apalagi bisa tambah shalawat sepanjang jalan. Wuh, bertambah-tambah bonusnya. Tambah zikir-zikir, tambah istighfar, tambah doa-doa untuk orang lain. It's keren.

Jangan ngomongin orang di perjalanan. Sayang. Jangan pula ghibah, yang akhirnya bisa ngadu domba, fitnah, dll. Sayang. Ngomongin orang, ngadu domba, menikmati omongan orang, menikmati ghibah, malah bukan saja bikin safar jadi sia-sia, malah jadi dosa.

Setiap meter jalanan yang dilalui, harusnya jadi tambahan kemakmuran masa-masa yang akan datang, eh eh eh, malah juda tambahan kesuraman masa depan. Jangan pula pegangan tangan yang bukan suami/istri. Jangan cuma denger musik. Juga jangan bengong. It's sia-sia. It's sayang. Kudu manfaat.

Makin jalanan ngeselin, itu tanda ibadah makin berat. Makin macet, insyaAllah bobot ibadah bepergian, dan doa, makin oke.

Ustadz Yusuf Mansur 
19 September 2013

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Jaga Iman dan Akhlak

 Sahabatku iman yang paling baik adalah akhlak Dari sabda Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam, أَكْمَلُ المُؤْمِنِينَ إِيمَانًا أَحْسَنُهُمْ ...